3 Tanda Aki Mobil Mulai Melemah

  • Bagikan
Foto : Hyundai

Sahabat-otomotif.com – Aki adalah komponen yang penting pada sebuah mobil. Meskipun alternator mobil bisa memenuhi kebutuhan kelistrikan mobil saat mesin menyala, aki wajib digunakan untuk menyalakan mesin.

Aki sendiri seringkali habis dan membuat mobil tidak menyala. Namun ada beberapa gejala yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan perlu ganti aki, seperti dikutip dari website Hyundai.

Peretama, ketika aki sudah mulai lemah, kemampuan menstarter mobil pun berkurang. Hal ini bisa dirasakan ketika starter mobil terasa lebih lama dan suara motor starter tidak sekencang biasanya.

Selanjutnya, aki seringkali memiliki indikator jika kekurangan setrum. Ceklah indikator tersebut untuk mengetahui kondisi aki bila tersedia.

Terakhir, aki memiliki usia. Pada aki kering, umumnya tahan hingga 2 tahun. Bila usia aki sudah melebihi 2 tahun, maka aki bisa saja habis dalam waktu dekat.

Itulah beberapa indikasi aki sudah mau habis. Jika mobil telah mengalami gejala tersebut, maka gantilah aki dengan standar yang sesuai. (skt)

  • Bagikan