5 Tips Puasa Sehat Walau Mengemudi Setiap Hari

  • Bagikan
Foto : Auto2000

Sahabat-otomotif.com – Mengemudi saat berpuasa tentu terasa berbeda. Keadaan tubuh yang sedang lapar membuat konsenterasi berkurang.

Agar mengemudi setiap hari tetap berjalan baik dan aman tentu tips puasa sehat perlu Anda ketahui.

Sebab di masa yang masih pandemi ini, kita memerlukan sejumlah tips dan dan strategi agar kegiatan harian tidak terganggu dan ibadah lancar. Yuk, ketahui apa saja tipsnya seperti dilansir website Auto2000.co.id.

1. Memilih menu sehat
Selama berjam-jam menahan lapar dan haus sambil menjalankan aktifitas mengemudi tentu badan Anda memerlukan asupan yang baik. Untuk itu hindari makanan bersanten dan terlalu pedas saat santap sahur.

Sedangkan untuk minuman yang perlu dihindari adalah yang mengandung soda dan yang terlalu dingin. Pilih makanan bergizi tinggi dan minum air putih yang cukup agar badan selalu fit selama mengemudi.

2. Rencanakan perjalanan
Mengemudi di dalam jalanan yang macet dan padat tentu terasa melelahkan. Selain membuang banyak energi, kondisi tersebut juga membuat waktu AutoFamily. Untuk itu buat rencana perjalanan selama berkegiatan di bulan puasa.

Hindari rute-rute yang kerap terjadi kemacetan dan buat rute alternatif. Jika tidak ada rute lain maka solusinya adalah dengan berangkat lebih awal untuk menghindari terjebak dalam kemacetan.

3. Jaga emosi
Mengemudi memang cukup banyak godaan dan ujiannya selama di jalan. Tentu akan semakin menantang ketika Anda sambil menjalankan ibadah puasa Ramadan. Kendalikan emosi Anda dengan tidak mudah terprovokasi dengan pengguna jalan lainnya.

Patuhi semua rambu lalulintas dan hargai sesama pengguna jalan lainnya. Tingkatkan terus kewaspadaan selama mengemudi agar terhindar dari berbagai potensi bahaya.

4. Jangan paksakan tubuh
Jika saat mengemudi sambil berpuasa tiba-tiba merasa tak enak badan seperti pusing, mual, mata berkunang-kunang dan sebagainya maka segera cari tempat istirahat. Jangan paksakan untuk terus mengemudi karena selain membahayakan diri Anda sendiri tapi juga berbahaya bagi pengguna jalan lainnya.

5. Tetap di rumah aja
Gerakan untuk selalu di rumah aja sebaiknya tetap selalu ikuti walau sudah masuk bulan puasa. Sebab hingga hari ini pandemi virus Corona masih melanda dunia.

Jika tak ada hal yang penting maka sebaiknya tak usah mengemudi keluar rumah. Selain menjadikan ibadah puasa Anda lebih ringan dijalankan, Anda juga dapat terhindar dari potensi penularan covid-19. (skt)

  • Bagikan