7 Cara Perbaiki Aki Kering yang Ngedrop pada Mobil

  • Bagikan
Foto : Auto2000

Sahabat-otomotif.com – Aki kering dan ngedrop memang sangat mengganggu karena memberikan dampak negatif cukup besar.

Suplai daya listrik ke komponen lain tidak akan terpenuhi sehingga mengganggu performa mobil.

Oleh sebab itu, penting untuk selalu merawat aki mobil yang kering secara rutin.

Dilansir website resmi, Auto200 ada tujuh proses perbaikan aki kering yang ngedrop. yaitu:

1. Melepas Aki Kering dari Mobil
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas aki kering dari mobil. Pertama, lepaskan kutub positif di bagian aki, kemudian baru kutub negatif. Jangan sampai Anda melepas kutub negatif terlebih dulu. Jika melakukan hal itu, akan muncul percikan api dan aliran listrik. Tentunya sangat berbahaya untuk keselamatan Anda.

2. Bersihkan Permukaan Aki Kering
Aki kering yang sudah terlepas bisa langsung dibersihkan dari debu dan kotoran. Tidak dapat dimungkiri bahwa kondisi aki kering termasuk gampang kotor karena berada di bagian mesin. Pembersihan ini berguna agar tidak ada kotoran yang ikut masuk ke dalam aki saat proses perbaikan.

3. Buka Tutup Cover Aki Kering
Sekarang Anda bisa membuka tutup cover dari aki kering yang ada di bagian atas. Manfaatkan pisau atau gergaji besi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Anda dapat kembali menggergaji bagian atas dengan tulisan “Don Not Open”. Begitu juga untuk bagian samping dan belakang dari penutup aki. Lakukan langkah ini dengan hati-hati agar tidak melukai diri sendiri dan komponen aki lainnya.

4. Isi Aki dengan Air Aki
Sekarang waktunya mengisi aki dengan air aki yang telah Anda beli di toko otomotif. Siapkan air aki, suntikan, dan kain lap untuk memulai proses pengisian. Isi suntikan dengan air aki, lalu masukkan ke dalam tiap lubang yang ada (total ada enam lubang) hingga kedalaman 1 cm. Pastikan seluruh lubang karet telah terisi kembali lalu tutup secara keseluruhan.

Hindari kontak kulit dengan air aki karena mampu menyebabkan iritasi. Kalau sudah terlanjur terkena air aki, bilang kulit dengan sabun hingga bersih.

5. Tutup Aki Kering
Pengisian aki telah selesai sehingga Anda bisa kembali menutupnya. Dikarenakan tutup aki telah Anda lepas menggunakan pisau dan gergaji besi, proses penutupan dilakukan dengan bantuan lem khusus dengan daya rekat tinggi. Jangan sampai ada celah sedikitpun dari proses penutupan aki agar tidak ada udara keluar-masuk.

6. Isi Daya Aki Kering
Setelah menutup aki kering, Anda bisa memulai proses mengisi daya. Proses ini perlu bantuan bengkel aki karena di sana telah tersedia alat berupa adaptor/trafo dengan kapasitas ampere sesuai. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah menggunakan jumper aki. Namun perlu diingat bahwa kondisi aki kering sudah dalam keadaan baik.

7. Cek Kembali Kondisi Aki Kering
Dalam proses pengecekan kondisi aki kering dalam memberikan daya listrik pada komponen mobil, berikan waktu sekitar 15 hingga 30 menit dalam posisi stasioner agar tegangan baru dapat menyesuaikan dengan kondisi kendaraan Anda.(skt)

  • Bagikan