Aki Lemah, Kuras, Isi Zat Asam akan Greng Lagi

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Admin baru saja memperbaiki aki Thunder 125 yang lemah. Dia tipe basah dan bisa diisi ulang cairan dan dicas lagi. Caranya dengan dikuras kemudian diisikan cairan yang mengandung asam sulfat dan air atau sering disebut air aki zuur. Perbaikan ini disarankan dan dibantu orang yang berpengalaman.

Sebelum memperbaiki, siapkan alat dan bahan. Ada tujuh alat dan bahan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertama, air aki atau yang bisa disebut juga dengan accu zuur. Air aki ini bisa didapatkan di bengkel-bengkel mobil atau juga sudah banyak dipasaran.

Walaupun butuh untuk sepeda motor, mending beli di bengkel mobil. Karena memang di sana banyak sekali tersedia. Kalau ke bengkel motor, percaya deh, kalian akan disarankan beli aki baru. Jadi kalian pasti gagal perbaiki aki, karena terkena bujuk rayu pemilik bengkel.

Cara belinya, cukup katakan, “Pak/Bu, saya mau beli air aki zuur (air aki setrum atau air aki asam) yang tutup botolnya merah”. Mengapa bilang begitu, ialah karena ada air destilasi atau air suling tidak mengandung asam. Fungsinya hanya untuk menambah cairan di aki yang sudah mengental.

Mengapa harus bilang tutup merah, ialah penandanya air aki zuur punya segel tutup merah. Itu mengindikasikan mengandung asam sulfat yang berbahaya bagi tubuh. Jika terkena kulit bisa perih, harus segera dibilas.

Kedua, sediakan obeng, sarung tangan juga masker jika diperlukan karena memang bau air aki begitu menyengat. Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan air panas, air biasa yang bisa Anda simpan di dalam ember. Dan yang terakhir, corong kecil. Jangan lupa sediakan air satu ember untuk membilas jika sewaktu-waktu terkena air aki.

Setelah semua alat yang dibutuhkan sudah siap, mulai perbaiki aki basah dengan melepas aki dari motor/mobilnya. Jangan lupa gunakan sarung tangan dan masker yang sudah disiapkan.

Buka penutup lubang-lubang aki dengan menggunakan tang atau kunci pas agar lebih mudah. Sebetulnya, Anda juga bisa membukanya tanpa alat, tetapi akan lebih mudah dan aman dengan alat.

Buang cairan pada aki yang rusak. Caranya dengan membalikkan aki. Buanglah cairan tersebut di tempat yang aman. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Selain baunya yang menyengat, ingat cairan aki juga sangat berbahaya bila terkena tubuh.

Masukkan air panas melalui lubang-lubang aki. Setelah itu kocok dan buang kembali. Setelah membersihkan dengan air panas, Anda bisa gunakan air biasa untuk membilas tempat aki tersebut dengan mengocok isi aki. Gunakan air biasa. Lakukan berulang supaya elemen aki menjadi bersih.

Balik aki dan biarkan sampai tidak ada air yang tersisa. Setelah semua sisa air habis keluar, isi aki dengan air aki zuur sampai batas maksimal. Gunakan corong kecil untuk mengisi aki dengan air aki zuur.

Kebetulan admin terlalu penuh ngisi air aki zuur. Ternyata tanpa dicas, voltase aki untuk Thunder 125 mencapai 17 Volt DC. Tanpa perlu dicas, bisa langsung elektrik starter. Mungkin beda jika mobil, harus dicas dulu beberapa jam baru bisa dipakai menyalakan starter mobil. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *