Apa Saja Sih Penyebab Kemacetan Lalu Lintas?

  • Bagikan
Ilustrasi kemacetan. Foto : Auto2000

Sahabat-otomotif.com – Memang ada banyak mobil di jalan, namun jika banyak yang menganggap bahwa hal ini menyebabkan kemacetan lalu lintas, maka sepenuhnya tidak benar.

Namun itulah yang dipercayai banyak orang. Singkirkan semua mobil, dorong penggunaan sepeda dengan membangun lebih banyak jalur sepeda, dan perbaiki angkutan massal.

Dengan begitu, semua masalah kemacetan kita akan teratasi. Namun harus tahu jika jumlah mobil bukan satu-satunya penyebab kemacetan lalu lintas. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab hal ini?

Dilansir website Auto2000, ada dua jenis kemacetan lalu lintas, ada yang berulang dan tidak berulang. Hampir sekitar setengah dari kemacetan lalu lintas adalah jenis yang berulang.

Terjadi hampir setiap hari dan disebabkan oleh kurangnya kapasitas di jalan raya. Dengan kata lain, ada lebih banyak kendaraan yang melintas pada waktu tertentu daripada kapasitasnya.

Jenis kemacetan lainnya, yang tidak berulang, atau “gangguan sementara” dalam perjalanan, seperti cuaca buruk atau kecelakaan.

1. Lingkungan
Dari hujan atau kabut, hingga badai yang bisa menghentikan perjalanan Anda, cuaca memiliki efek tidak terkendali terhadap lalu lintas dan kondisi jalan raya. Bahkan hujan yang tidak terlalu lebat dapat berdampak terhadap pengemudi sehingga akan memperlambat laju kendaraan mereka. Hal yang lebih serius seperti tanah longsor yang tiba-tiba saja terjadi tidak hanya dapat menghentikan lalu lintas tetapi juga menyebabkan kecelakaan jika pengemudi tidak berhati-hati. Ini adalah contoh bagaimana cuaca dapat mempengaruhi lalu lintas dengan menciptakan situasi yang buruk atau dengan membuat situasi lalu lintas sudah kacau menjadi lebih berbahaya.

2. Mekanis
Faktor lain yang dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas adalah kasus kerusakan mekanis. Meskipun bisa dibilang kerusakan mekanis dapat masuk ke dalam kategori yang disebabkan oleh manusia, terkadang kegagalan mekanis juga dapat terjadi karena faktor eksternal seperti benda tajam di jalan atau jalan yang tidak baik sehingga merusak bagian tertentu dari kendaraan Anda. Selalu usahakan untuk memeriksa kendaraan sebelum memulai perjalanan dan memastikan kendaran sudah dirawat secara berkala demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

3. Manusia
Penyebab kemacetan lalu lintas yang terlalu umum adalah dari manusia itu sendiri. Mengemudi dengan tidak fokus, mengantuk, ataupun mengemudi secara emosional, bisa menimbulkan skenario berbahaya. Hal yang paling sering terjadi adalah ketika pengemudi membuat keputusan cepat seperti pengereman di menit-menit terakhir. Begitu pengemudi menginjak rem karena terganggu, efek ini akan menjalar. Tergantung pada kondisi lalu lintas lainnya, kesalahan pengereman yang satu ini dapat memperlambat lalu lintas di jalur tersebut dan jalur sekitarnya selama berjam-jam serta bisa menjadi penyebab kecelakaan.

4. Infrastruktur
Bisa dibilang disebabkan oleh manusia, infrastruktur belum tentu menjadi kesalahan dari para insinyur yang tidak meramalkan apa saja yang bisa terjadi pada jalanan. Dari lubang yang menyebabkan kendaraan melambat hingga kemacetan di daerah yang padat penduduk. Infrastruktur adalah hal tersembunyi yang memperbesar masalah lalu lintas di banyak daerah perkotaan dan pinggiran kota.(skt)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *