Awas! Berbahaya Ban Berisi Nitrogen Dicampur dengan Angin Biasa

  • Bagikan
Foto : Auto2000

Sahabat-otomotif.com – Sebagian orang banyak yang bertanya apakah boleh ban nitrogen dicampur angin biasa, jawabannya adalah jangan.

Sebaiknya Anda menghindari hal tersebut karena mencampur angin nitrogen dengan angin biasa memiliki banyak dampak negatif.

Penggunaan angin hasil ban nitrogen dicampur angin biasa dapat membahayakan Anda saat berkendara. Hal ini disebabkan karena tekanan udara di ban mobil Anda tidak stabil dan suhu di ban akan cepat panas.

Perbedaan tekanan udara antara oksigen dan nitrogen akan menyebabkan ban cepat panas dan membuat ban mobil bisa meledak. Oleh karena itu, ada baiknya jangan memakai hasil ban nitrogen dicampur angin biasa karena bisa berbahaya.

Nitrogen itu adalah gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin biasa yang mengandalkan oksigen, kandungan gasnya masih ada airnya.

Sehingga saat ban diisi dengan angin biasa, akan terasa lebih berat karena terjadi proses pemuaian di dalam ban. Sementara kalau diisi dengan angin Nitrogen, ban akan lebih ringan.

Kandungan air pada angin biasa ini saat cuaca panas akan menguap sehingga tekanan ban jadi lebih besar dan pastinya lebih berat, makanya sering terjadi pecah ban. Pada Nitrogen yang minim kandungan air, membuat ban lebih sulit memuai saat dipakai di cuaca panas dan tekanan ban akan lebih stabil saat digunakan.

Penggunaan angin biasa dapat menyebabkan karet ban menjadi cepat keras karena proses oksidasi.(skt/jpc)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *