Begini Cara Memundurkan Mobil Manual dengan Aman

  • Bagikan
Ilustrasi

Sahabat-otomotif.com – Bukan perkara mudah memundurkan sebuah mobil manual dengan aman dan tepat.

Alasan utamanya adalah keberadaan kopling untuk perpindahan gigi. Namun kali ini kita tidak akan membahas bagaimana menggunakan kopling, melainkan belajar cara mundur dengan mobil manual.

Kemampuan memundurkan mobil selalu dipakai untuk berbagai situasi dan kondisi, khususnya ketika sedang parkir mobil. Baik parkir mobil secara paralel atau sejajar.
Memundurkan mobil membutuhkan feeling yang tepat, dan berbagai faktor lainnya, seperti putaran setir, jarak antar kendaraan, penggunaan kaca spion, hingga pijakan pedal gas.

Seperti dilansir Auto2000, ada empat cara dalam memundurkan mobil secara manual. Keempat cara ini berurutan sehingga perlu Anda lakukan dengan baik agar mampu memundurkan mobil manual dengan aman.

1. Fokus ke Pedal Kopling
Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah fokus ke pedal kopling. Anda harus menginjak pedal kopling sampai mentok dan ditahan terus. Langkah ini dilakukan untuk masuk ke proses ke selanjutnya, yaitu memindahkan gigi atau persneling.

2. Pindahkan ke Gigi Mundur
Ingat, ketika Anda ingin memundurkan mobil, persneling harus ada di posisi netral. Setelah menginjak pedal kopling, dorong persneling ke arah kanan lalu ke bawah untuk menuju gigi mundur (R).

3. Lepaskan Pedal Kopling
Setelah Anda memindahkan persneling ke gigi mundur, sekarang lepaskan pijakan pedal kopling. Ketika melepaskan pedal kopling, Anda harus memerhatikan kondisi di belakang mobil melalui kaca spion kiri, kanan, dan tengah. Mengapa begitu? Karena Anda akan mulai memundurkan mobil secara perlahan.

4. Mulai Memundurkan Mobil
Sekarang Anda bisa menginjak pedal gas untuk perlahan-lahan memundurkan mobil. Terus perhatikan sekitar dan cek sudut belok pada setir. Jangan sampai posisi mobil Anda yang sedang mundur terlalu dekat dengan mobil di belakang, kanan, atau kiri. Jika terlalu dekat, coba koreksi posisi dengan memulai proses mundur dari langkah pertama.(skt)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *