Begini Cara Mengendarai Motor Matic untuk Pemula

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Bagi yang masih pemula, tentu perlu mengetahui bagaimana cara mengendarai motor matic dengan benar, sebelum mulai berkendara di jalan raya.

Saat ini motor jenis matic memang lebih populer. Jenis kendaraan ini memang terlihat sporty dan banyak diminati, karena mudah juga dikendarai. Nah, bagi yang masih pemula, tentu perlu mengetahui cara mengendarai motor matic dengan benar, sebelum mulai berkendara di jalan raya.

Motor matic memang memiliki tampilan yang menarik sehingga banyak disukai. Selain itu, cara mengendarai kendaraan ini dianggap lebih mudah untuk dipelajari. Hal ini tentu tidak lepas dari cara kerja motor matic yang praktis sehingga bisa memberikan kenyamanan bagi pengendaranya.

Cara Kerja Motor Matic
Cara kerja motor matic memang berbeda dengan motor kopling dan motor yang memakai gigi atau biasa dikenal dengan motor bebek. Pada motor matic, laju kendaraan sama sekali tidak dipengaruhi oleh kopling dan gigi perseneling, tetapi hanya tergantung pada tuas rem dan gas.

Pada motor kopling dan motor bebek pengendara harus menarik kopling atau melakukan perubahan gigi perseneling secara manual saat ingin mengatur kecepatan. Nah, pada motor matic, semua fungsi tersebut sudah tidak ada dan digantikan sepenuhnya dengan tuas rem dan gas.

Jadi, dalam mengendarai motor matic, pengendara hanya cukup berkonsentrasi pada gas untuk menambah dan mengurangi kecepatan, serta tuas rem untuk menghentikan laju kendaraan. Pengendara tidak bisa berakselerasi sesuai keinginannya dalam berkendara.

Cara kerja motor matic yang seperti ini dinilai bisa sangat memudahkan bagi pengendara sehingga motor jenis ini banyak diminati. Akan tetapi, mengendarai motor matic juga memiliki risiko tinggi, karena pengendara tidak bisa mengatur kecepatan motor secara signifikan, sehingga harus sangat berhati-hati.

Cara Mengendarai Motor Matic Yang Benar
Bagi pengendara yang baru mulai belajar motor matic, terlebih dahulu perlu untuk mengetahui cara mengendarai motor matic ini dengan baik. Hal ini diperlukan, agar pengendara tidak salah mengoperasikan kendaraan ini yang bisa berakibat fatal dan membahayakan keselamatannya sendiri.

Lalu, bagaimana cara mengendarai motor matic terutama bagi pemula yang baru belajar? Berikut ini akan diberikan panduan mengenai bagaimana tips dan langkah mengendarai motor matic dengan benar.

Persiapan Sebelum Berkendara
Sebelum mulai berkendara, terlebih dahulu pastikan kendaraan beserta seluruh komponennya dalam kondisi bagus dan aman untuk dikendarai. Apalagi bila yang mengendarai adalah pemula yang baru belajar motor. Kendaraan harus dalam kondisi baik dan aman bagi pengendara.

Bagian motor matic yang sangat perlu untuk diperhatikan sebelum dikendarai adalah rem dan gas. Kedua bagian tersebut merupakan komponen utama pada motor matic. Motor matic tidak menggunakan kopling dan gigi perseneling, jadi laju kendaraan hanya tergantung pada gas dan rem.

Sebelum mulai berkendara, perlu diperiksa terlebih dahulu apakah gas dan rem dalam kondisi normal, tidak bermasalah, serta masih berfungsi dengan sempurna. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang sering terjadi karena masalah pada kedua bagian kendaraan tersebut.

Selain gas dan rem, kelengkapan kendaraan lain juga perlu untuk dilakukan pengecekan. Seperti lampu sein, klakson, lampu rem, dan kaca spion. Bagian mesin dan busi juga harus dipastikan dalam kondisi bagus, untuk menghindari motor mengalami mogok di tengah jalan.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memeriksa tangki bahan bakar. Periksa apakah persediaan bahan bakar dalam tangki masih cukup untuk melakukan perjalanan atau tidak. Hal ini karena banyak kasus terjadi di mana kendaraan mogok di tengah jalan karena kehabisan bahan bakar.

Langkah-langkah Mengendarai Motor Matic
Untuk mengendarai motor matic, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Hal ini harus diperhatikan, terutama bagi pemula yang baru belajar mengendarai motor. Panduan cara mengendarai motor matic tersebut rinciannya adalah sebagai berikut.

Nyalakan Mesin
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan mesin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan kunci kontak dan kemudian memutar pada posisi netral yang biasanya ditandai dengan lampu berwarna hijau. Pada posisi ini, motor sudah siap untuk digunakan.

Sebelum menyalakan mesin, jangan lupa untuk menaikkan standar samping. Karena pada motor matic mesin motor tidak akan bisa dinyalakan apabila standar samping masih dalam kondisi di bawah. Dengan demikian, sebelum menyalakan mesin, pastikan standar samping sudah dinaikkan.

Nyalakan Motor
Langkah kedua, setelah standar samping dinaikkan, motor bisa mulai dinyalakan. Caranya adalah dengan memutar kunci kontak pada posisi on, dan secara bersamaan tekan tombol elektrik starter. Jangan lupa juga bahwa tangan kiri harus menarik tuas rem dengan perlahan.

Sekali lagi, pada motor matic tidak ada kopling dan gigi perseneling. Saat mesin menyala, dengan sedikit tarikan pada gas, motor akan melaju.

Menarik tuas rem saat mesin dinyalakan dilakukan untuk mencegah gas tertarik tanpa sengaja yang mengakibatkan motor langsung melaju tanpa kendali. Disamping itu, motor matic tidak akan bisa menyala jika remnya tidak ditarik.

Ambil Posisi yang Nyaman
Langkah ketiga, setelah motor menyala, usahakan Anda mengambil posisi yang nyaman saat duduk di atas jok motor. Duduk dengan nyaman ini penting dilakukan, agar pengendara bisa mengendalikan motor dengan baik, terutama dalam mengendalikan gas.

Bisa mengendalikan tarikan gas dengan baik memang menjadi kunci utama dalam mengendarai motor matic, karena kecepatan motor hanya ditentukan oleh tarikan handle gas. Mengambil posisi duduk dengan nyaman, akan membuat pengendara mampu menguasai laju motor dengan baik pula.

Kontrol Handle Gas
Mengontrol handle gas, merupakan langkah selanjutnya yang harus diperhatikan pada cara belajar motor matic. Perlu diketahui, karena motor matic tidak menggunakan kopling dan gigi perseneling, maka sedikit tarikan gas sudah membuat motor melaju dengan cukup kencang.

Oleh karena itu, pengendara harus mampu untuk mengontrol handle gas dengan baik. Menarik handle gas dengan pelan-pelan akan membuat laju motor menjadi tenang dan dapat dikendalikan. Pengendara bisa menggunakan perasaan untuk mengontrol tarikan handle gas ini.

Kontrol Tuas Rem dengan Baik
Kalau tangan kanan berperan dalam mengendalikan handle gas, maka tangan kiri pengendara juga harus mampu mengontrol tuas rem dengan baik.

Tuas rem sebelah kiri adalah rem belakang yang bisa digunakan untuk menghentikan laju motor secara perlahan agar tidak berhenti mendadak.

Sebaliknya, sebelah kanan adalah tuas rem depan yang diperlukan dalam keadaan darurat agar putaran roda segera berhenti. Pengendara harus berlatih untuk terbiasa dalam menggunakan rem depan, rem belakang, dan untuk menggunakannya secara bersamaan.

Mulai Kuasai Kondisi Jalan
Belajar motor matic juga harus bisa memahami kondisi jalan yang dilalui. Sangat penting bagi pengendara untuk menguasai jalan yang dilalui agar tidak panik dalam mengendalikan gas dan tuas rem saat melewati jalan yang berbeda, seperti tikungan, tanjakan, atau jalan bergelombang.

Cara mengendarai motor matic penting dipelajari dengan baik agar pengendara bisa benar-benar menguasainya sebelum mengendarainya di jalan raya. Karena motor ini sangat simpel cara kerjanya, Anda pun akan cepat mahir mengendarainya.(skt/suzuki)

  • Bagikan