Bermain Galak Performa Tidak Harus Karburator PE 28

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Ada sebuah bahan kerangka berpikir bagi biker pemula yang suka otak-atik untuk upgrade performa motor. Berangkat dari maraknya pengguna karburator PE 28 atau karburator RX King maupun Ninja 150.

Ternyata ketika pasang karburator super gede itu tidak bisa langsung ke motor 4 tak mesin kecil. Karena suplai bensinnya terlalu deras. Maka jika motor 4 tak 125 cc jika memakai PE 28 lubang pengkabut bensinnya harus diubah, dibelikan yang lebih kecil.
Bagaimana jika dibalik? Karburator bawaan diubah, dibesarkan suplai bensinnya.

Admin coba membawa kalian kepada contoh kasus motor Suzuki Thunder 125. Begini bahan pembicaraannya. Pertama, lubang pengkabut bensin utama (main jet) milik Suzuki Satria FU 150 cc bisa pasang dan plug and play (PNP) ke karbu Thunder. Apakah sudah ada yang coba? Karena ukuran lubangnya lebih besar, secara teori tenaga naik.

Namun, lihatlah data ukuran main jet (MJ) berikut:
MJ 105 milik Thunder 125
MJ 115 milik Satria FU 150 Thailand
MJ 112,5 Milik Satria FU 150 Indonesia
MJ 120 milik Tiger 200
Perlu diketahui sistem ulir bautnya PNP semua motor motor itu.

Ukuran main jet terukir di badannya dalam gambar ini adalah ukuran 125.

Kemudian ada yang bertanya, bagaimana jika MJ Tiger 200 dipasang ke karbu Thunder 125? Jawabannya, terlalu besar brebet, tidak akan bisa dibakar bensinnya, karena tidak berupa uap bensin, namun mirip air mengalir. Dari sini apakah sudah terbayang bagaimana mengoptimalkan ukuran MJ motor 4 tak?

Jika belum, admin berikan data kembali.
MJ 110 milik Thunder 125 non kick stater
MJ 107,5 milik Thunder 125 seri 2007 kick stater
MJ 105 milik Thunder 125 seri selanjutnya.
Bisa dilihat, kemungkinan penurunan suplai pengkabutan bensin demi mengejar standar emisi gas buang Euro II. Maka para biker bisa memulihkan ke setingan performa tinggi dengan melihat data ini.

Maka, hakikatnya biker ganti karbu PE 28 atau PE 26 atau karbu RX King dan Ninja adalah suplai ini. Mari tidak usah beli karburator baru. Tapi suplainya saja yang dioptimalkan. Coba lihat data ini kembali.
MJ 152 bawaan karbu PE 28
Sekarang kita tahu kenapa ganti PE 28 di motor 4 tak mesin kecil tanpa ubah apa pun akan brebet di motor. Suplainya seakan-akan untuk motor 250 cc. Tidak bisa langsung cocok untuk rentang mesin 125cc – 150cc. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *