Bus Pintar Jamaah Umrah dan Haji, Mendukung Update Sosial Media

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Saat berada di Arab Saudi semua bus yang melayani jamaah Indonesia sudah dilengkapi sistem Global Position System (GPS) yang disiapakan perusahaan sebagai bentuk pengawasan, dan akan dikontrol pergerakan bus melalui sistem komputerisasi langsung dari pusat.

Sistem ini akan menyediakan panduan pada bus yang memungkinkan kendali jarak jauh. Perangkat lunak sudah dipasangkan pada 1.400 bus yang akan digunakan oleh pusat operasi untuk mengatur bus pada rute dan peta perjalanan.

Langkah ini mengubah bus model lama menjadi bus pintar yang dapat dengan mudah dihubungkan dan dilacak melalui sensor elektronik.

Sementara apa saja fasilitas lain yang ada di dalam kabin bus buatan China itu? Ketika memasuki bus dari pintu depan akan terasa seperti menaiki pesawat. Model tangga ke atas layaknya bus tingkat, dengan posisi sopir di bawah dan dilengkapi ruang istirahat.

Bagian dalam tampak seperti naik bus pariwisata ini memiliki kapasitas 49 kursi. Di tiap kursi memiliki soket USB. Jamaah yang kehabisan daya baterai ponsel bisa mengisi ulang ponselnya. Letaknya ada di depan bawah kursi penumpang.

Lampu baca juga ada di bagian atas kursi penumpang. Di bagian kabin untuk menyimpan tas tentengan, juga terdapat soket listrik.

Bus dilengkapi dengan televisi, AC, bagasi bawah, toilet, kulkas dan air minum, pengeras suara, alat pemadam kebakaran, kotak P3K, serta pemecah kaca. Lalu yang menarik ada dua CCTV (depan dan belakang), sehingga segala aktivitas penumpang dan sopir akan terpantau langsung dari sistem kontrol pusat.

Toilet terdapat di bagian tengah bus posisi dekat tangga keluar, letaknya di bawah. Jamaah yang mau ke toilet harus menuruni anak tangga dulu. Letaknya ada di sebelah kiri.

Bus-bus tersebut adalah yang akan mengangkut jamaah Indonesia dari Madinah menuju Makkah. Jamaah akan mengambil miqat di Bir Ali yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Madinah. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *