Campur Oli Samping di Tangki Bensin Motor 4 Tak, Teknologi F1?

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Para pemotor desa, seringkali menggunakan oli samping untuk motor 4 tak. Caranya dengan mencampur 1 takaran tutup botol oli samping ke dalam satu tangki bensin motor bebek 4 tak yang kisaran 4,5 liter full tank.

Cara ini hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu. Yakni saat mereka harus mengangkut hasil pertanian atau komoditas dagang lainnya ke luar kota. “Biar mesinnya awet mas saat dibawa touring ke luar kota,” ujar salah satu pemotor kampung.

Siapa menyangka, ternyata membakar oli di ruang bakar mesin 4 langkah adalah teknologi kecurangan di balap Formula 1. Pasalnya, telah terbukti menambah tenaga mesin dan membuat dingin mesin. Alhasil, mobil Formula 1 bisa melahap putaran sirkuit tanpa overheat.

Berdasarkan kutipan beberapa artikel, regulasi dari mobil balap Formula 1 akhirnya disesuaikan demi balapan yang kompetitif, serta menarik. Hal itu dilakukan usai beberapa tim yang ketahuan sudah menggunakan oli untuk kemudian dibakar pada ruang bakar mesin bensin. Beberapa tim dan pengamat menilai itu curang.

Mekanisme F1 membakar oli di ruang bakar dengan menyemprotkan oli di belakang piston. Dan piston didesain agar bisa meloloskan oli ke ruang bakar.

Beberapa ahli mesin sempat membahas bahwa cara yang dilakukan tim F1 itu ialah dengan memberi sedikit celah pada piston agar oli mesin masuk ke pembakaran. Para netizen otomotif menyebutnya “vampir oli”.
Artinya, tim F1 ada yang sengaja membuat mesinnya vampir oli. Jadi apakah salah satu merk motor yang vampir oli adalah bentuk kecurangan untuk meningkatkan performa? Bisa dijawab pada masing-masing kubu Fans Berat (FB). Yang jelas, para ahli menyatakan itu berfungsi bagus. (yy/dari berbagai sumber)

F1 – oil burning is cheating – YouTube

  • Bagikan