Cara Kerja Kopling Manual pad Motor dan Mobil

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Sistem kopling manual adalah sebuah mekanikal powertrain (pemindah tenaga gerak) mobil/motor yang berfungsi untuk memutuskan aliran tenaga dari mesin ke roda secara manual (kita yang mengontrol sepenuhnya). Saat kita menekan pedal kopling, itu artinya kita mengaktifkan fungsi kopling manual.

Saat ini dilakukan tenaga putar dari mesin akan terputus, sehingga meski kita gas setinggi mungkin walau posisi gigi masuk itu tetap mobil/motor tidak akan bergerak.Lalu, bagaimana cara kerja sistem kopling manual? mengapa tenaga mesin bisa terputus dengan halus hanya dengan injakan pedal?

Perlu diketahui, sistem kopling tidak hanya memutuskan serta menyambungkan kembali tenaga mesin sekedarnya. Tapi sistem kopling juga harus mampu melakukan kinerja seperti itu secara halus, cepat, dan efisien.

Secara bahasa awam sistem bekerja dengan 2 kubu gelang. Ada gelang-gelang yang terhubung ke saluran gerak roda disebut plat kopling. Ada gelang-gelang yang terhubung mesin disebut kampas kopling. Dalam keadaan gak diapa-apain plat dan kampas saling bersentuhan dengan daya tekan tinggi.

Baru kalau kita injak kopling mobil atau tarik tuas kopling mobil dia jadi renggang dan bikin loss dol gerakan. Saat gak posisi awal dia akan menyalurkan gerak dari mesin ke roda. Jadi ada loss (cerai) ada juga enggage (tunanangan). Artinya, si 2 kubu gelang itu sering kawin-cerai demi kebutuhan mesin dan roda.

Admin kasih tahu sedikit rahasia. Jika kampas kopling warna hitam biasanya agak licin di putaran mesin rendah. Lalu sangat menggigit di putaran mesin tinggi. Karena dia butuh panas dulu baru bisa lengket. Itu berguna bagi dunia balap. Karena saat belok kan ngurangi gas, maka kopling agak slip/loss jadi gak liar roda belakang, gak gampang ndlosor saat miring. Lalu saat digas untuk topspeed cepat dapat karena gak ada kehilangan tenaga gerak akibat loss.

Sisanya kampas kopling yang kuning atau krem itu jago di putaran mesin rendah. Ya kalau motornya cuma bisa 9.000 putaran per menit kenapa harus dikasih kopling high rpm? Kan mubadzir, memang mending kampas kopling kuning. Kalau motormu sudah berputar di atas 10.000 putaran per menit, bolehlah pakai yang hitam. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *