Cara Sederhana dan Tepat Membersihkan Kaca Mobil

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Kaca mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang harus rutin dibersihkan.

Pada kondisi musim hujan seperti saat ini, kaca memegang perang penting dalam keselamatan berkendara. Namun banyak pengemudi menyepelekan perawatannya, sehingga visibilitas berkendara tidak jelas ke arah luar ketika hujan turun terutama pada malam hari.

Tidak hanya mengaburkan pandangan, berbagai macam kotoran yang menempel di kaca juga membuat mata menjadi terganggu jika disorot lampu kendaraan dari arah berlawanan.

Banyak pemilik mobil mengambil cara praktis membersihkan kaca dengan menyemprotkan cairan khusus yang biasa dipakai untuk kaca rumah. Hal itu rupanya justru tidak disarankan untuk dilakukan. Alasannya, material kaca mobil kebanyakan terbuat dari bahan khusus.

Sementara itu, cairan khusus mengandung zat pelarut yang bisa merusak lapisan kaca film pada mobil. Lantas bagimana cara membersihkan kaca kendaraan yang benar?

Dikutip dari laman Suzuki, Sabtu (27/2), kaca yang kondisinya kotor bisa dibersihkan menggunakan air sabun dan dianjurkan suhunya hangat agar kotoran mudah rontok.

Jika sudah bersih, langsung kaca dibilas dengan air bersih. Jangan lupa membersihkan bagian dalam kaca juga, karena debu yang menumpuk bisa berpotensi minimbulkan embun. Setelah itu kaca tersebut dikeringkan menggunakan bahan yang lebih untuk membersihkan. (ddy/jpnn)

  • Bagikan