Cek di Sini 2 Hal Penting dalam Memilih BBM Berkualitas

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Jangan asal membeli bahan bakar minyak (BBM). Pasalnya, bahan bakar yang digunakan sangat berpengaruh pada performa kendaraan serta lingkungan.

Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam memilih BBM berkualitas. Menurut Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR), Fabby Tumiwa, pertama angka Research Octane Number (RON) untuk bensin dan Cetane Number (CN) untuk disel/solar sesuai dengan kebutuhan mesin.

“Kedua, harus mulai menengok kandungan sulfur dalam emisi gas buang yang dihasilkan dari setiap produk BBM guna mengurangi polusi udara,” tambahnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (6/3).

Fabby menjelaskan, persoalan penggunaan BBM yang tidak berkualitas disebabkan masih banyaknya produk bahan bakar di pasar dengan angka RON atau CN rendah atau belum sesuai standar EURO.

“Tetangga kita Myanmar, hanya ada tiga produk BBM dengan RON terendah 91, Vietnam hanya dua produk dengan RON terendah 92. Sedangkan di Indonesia, ada enam produk dengan RON terendah 88 yakni Premium.”

“Selain terlalu banyak, standar RON juga tidak sesuai standar EURO 4 minimal RON 91, Indonesia masih sangat jauh tertinggal,” sambungnya lagi.

Menurut Fabby, varian produk yang banyak juga memunculkan variasi harga yang signifikan, sehingga tanpa edukasi tepat dan berkelanjutan, masyarakat akan lebih memilih produk dengan harga paling murah.

“Masyarakat saat ini masih melihat harga yang dikeluarkan untuk beli BBM. Harusnya beli BBM itu melihat kebutuhan spesifikasi mesin, dapat mengefektifkan kerja mesin sehingga menjadi lebih hemat.”

“Apalagi, BBM yang sesuai spesifikasi mesin membuat performa terjaga, dan terhindar dari kerusakan yang pada akhirnya bisa menghemat biaya perawatan mobil,” jelasnya.
Manfaat lain menggunakan BBM berkualitas ialah ramah lingkungan. Mengacu pada standar EURO 4 yang berlaku, BBM ramah lingkungan ialah yang memiliki kandungan sulfur maksimal 50 parts per million (ppm) dalam emisi gas buangnya. (rdo/jpnn)

  • Bagikan