Corong udara di Fairing Ducati Bikin Jack Miller Tercepat

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Ajang balap MotoGP 2021 hampir dimulai. Jack Miller yang saat ini tergabung di tim Ducati mencatatkan waktu tercepat dalam uji coba di Sirkuit Qatar.

Tim Sahabat-Otomotif melihat hal berbeda, dari motor Jack Miller. Terutama setelah mengganti fairing baru, yang masih mentah. Dalam hal ini masih material serat carbon yang berwarna hitam doff.

Berdasarkan diskusi netizen di forum otomotif. Ada tambahan yang aneh di samping fairing Miller.

“Ini saja tambahannya, jadi tercepat catatan waktu. Ada corong menganga di kanan kiri cowling. Udara bertekanan dari depan dibelokkan ke bawah-samping. menghasilkan tambahan downforce dan sideforce. Teknologi aerodinamis ini ada juga sudah ada di supercar VW Group,” ujar salah satu netizen sambil mengupload foto diberi lingkaran.

Menyadari hal itu, beberapa anggota forum sosial media merespon setuju. Mereka malah memuji ducati karena menggunakan teknologi aerodinamis “side skirt” seperti pada mobil rally. Ada juga yang memuji negara Jerman sebagai basis dari VW Group.

Kemudian kembali dibahas bahwa air scoop atau corong itu akan makin berfungsi ketika motor dimiringkan saat cornering. “Awalnya corong yang bersifat side force berubah menjadi downforce ketika motor dimiringkan. Benar-benar inovasi luar biasa. Jadi saat belokan ducati bisa mempercepat lajunya. Topspeed jago, cornering speed jago,” ujar anggota forum lainnya.

Secara keseluruhan tes pra musim yang berlangsung 5 sesi beberapa waktu lalu, Jack Miller ada di posisi teratas dengan catatan waktu 1 menit 53,183 detik.

Untuk masalah mesin, Ducati memang sudah bertenaga dan cepat. Topspeed bisa mencapai 357 km/jam. Kelemahannya ada pada handling, yaitu gampang ngetril atau wheelie juga motor susah dibelokkan. Kelemahan itu ternyata bisa diatasi dengan bantuan winglet dan air scoop baru. (ra)

  • Bagikan