Fitur Rahasia dan Sisi Gelap Karburator Pengkabut Bensin

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Dalam dunia pengkabut bensin ada sebuah rahasia dan juga dark side (sisi gelap) yang jarang diketahui publik otomotif. Kali ini admin berusaha merangkumnya.

Dalil Umum Stel Baut Angin Air Screw

Motor dimatikan terlebih dahulu.Baut udara diputar kembali / ke arah dalam (serah jarum jam) hingga habis putarannya, setelah itu baut udara diputar kembali ke kiri/ ke arah luar (lawan jarum jam) sebanyak lebih kurang 1,5 hingga 2,5 putaran.  Ada catatan di balik setingan itu

a. Jika 1,5 itu tergolong stel basah (berguna di dataran rendah) dan jika 2,5 putaran tergolong stel kering (berguna di dataran tinggi).

b. Namun jika busi iridium biasanya minta stel kering di mana pun berada.

c. Jika susah nyala saat cold start minta stel basah. Jika mesin gampang panas minta stel basah. Jika dirasa kurang respon tenaga saat digas minta stel kering.

Contoh, motor dihidupkan beberapa menit kemudian setelah mesinnya panas lalu motor distationerkan, putar putar air screw. Apabila pada waktu putaran rendah/stationer motor kedengaran normal, tidak tersendat-sendat dan tidak mati walaupun handel gas dilepas berarti campuran gas sudah normal. Apabila pada waktu putaran rendah / stationer suara motor terdengar tidak normal, tersendat-sendat dan handel gas motor langsung mati berarti campuran gas belum normal dalam hal ini mungkin campuran gas basah atau sebaliknya yaitu kering.

Apabila baut udara diputar searah jam berarti campuran gas menjadi basah, sebab dalam hal memperkecil masuknya udara ke dalam karburator, sedangkan bensinnya tetap.Apabila baut udara diputar lawan jarum jam berarti campuran gas menjadi kering sebab masuknya udara ke dalam karburator diperbesar sedangkan bensin tetap.

Rahasia Cara Seting Jika Karburatornya Mikuni.

1. Jika pilot jet ukuran 12,5 berarti dia minta 1,25 putaran. Caranya putar searah jarum jam sampai mentok. Lalu putar berlawanan arah jarum jam 1,25 kali putaran atau 360° ditambah 90°.

2. Jika pilot jet ukuran 17,5 berarti dia minta 1,75 putaran. Sama dengan cara sebelumnya, putar sebanyak 360° ditambah 270°.

Rahasia Cara Seting Jika Karburatornya Keihin.

1. Jika pilot jet ukuran 35 berarti dia minta 1,25 putaran. Caranya putar searah jarum jam sampai mentok. Lalu putar berlawanan arah jarum jam 1,25 kali putaran atau 360° ditambah 90°.

2. Jika pilot jet ukuran 38 berarti dia minta 1,75 putaran. Sama dengan cara sebelumnya, putar sebanyak 360° ditambah 270°.

Dark Side of Carburetor atau Sisi Gelap Karburator.

Fitut sisi gelap ini, setahu admin ini hanya berfungsi pada karburator Mikuni BS26 atau Mikuni BS yang ukuran lainnya dan tentunya tipe vakum. *Perlu dicek apakah pada karbu Keihin dan skep manual lainnya juga berfungsi.

Apakah itu? Ialah jika air screw diputar ekstrim di rentang 3 putaran sampai 4 putaran maka dia akan membantu suplai bensin di putaran tinggi mesin (high rpm).

Mesin akan lebih bertenaga atau galak di putaran tinggi. Saat dibawa ngebut, topspeed mudah digapai. Beberapa kasus diuji coba dynotest tenaga bisa naik 1-2 daya kuda. Ini sebuah keanehan yang tidak disengaja atau memang pabrik memang sengaja membentuk dark side carburetor ini untuk curang di ajang balap? Hal ini yang bisa menjawabnya hanya pabrik sendiri.

Namun kelemahan setingan ini, mesin mudah panas dan susah dinyalakan. Tapi sekalinya nyala langsung bisa “njengat”. Apakah diantara pembaca pernah melihat di ajang balap motor susah dinyalakan tapi dia gampang menang? Jangan-jangan dia menggunakan setingan dark side carburetor. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *