Ke Kampung Berseri Astra di Bogor, Melihat Kolaborasi Bangkitkan Ekonomi

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Kampung Berseri Astra menjalar diberbagai daerah sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Salah satunya di kampung ini. Berkolaborasi bersama warga sekitar membangun dan mendorong ekonomi desa dengan berbagai aksinya.

Menggandeng IPB University sebagai pendamping. PT Astra menggandeng BUMDesa Bhakti Kencana yang berada di Desa Purwabakti, Kecamatwn Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Desa ini menjadi satu dari sekian banyak desa di Indonesia yang menjadi salah satu Binaan Program Desa Sejahtera Astra (DSA_PURWABAKTI) yang tergabung dalam BUMDES BERSAMA.

BUM Desa Bhakti Kencana berdiri pada tahun 2018 dan memiliki salah satu unit usahanya adalah produksi beras hasil dari para petani didesanya.

Local Champion Jabar, Ayong menjelaskan, BUMDesa mendapatkan CSR dari PT. Astra pada tahun 2019 berupa modal usaha, peralatan produksi dan pelatihan-pelatihan.

“Proses BUM Desa mendapatkan CSR diawali dengan BUM Desa awalnya mendapatkan informasi bahwa PT. Astra sedang melakukan seleksi terhadap usaha-usaha yang akan diberikan CSR,” ujar Ayong yang juga ketua BUMDes Bhakti Kencana itu.

Kemudian, kata dia, BUM Desa melakukan pendaftaran dan mengikuti proses seleksi sampai akhirnya lolos menjadi salah satu penerima CSR.

Menurutnya, setelah mendapatkan CSR, BUM Desa merasakan dampak yang positif yaitu peningkatan produksi dan omset BUM Desa.

“Seluruh petani di desa ini telah mempercayakan penjualan hasil pertaniannya melalui BUM Desa,” katanya menjelaskan.

Berkembangnya unit usaha BUM Desa yang didukung oleh program CSR, sambung Ayong, mendorong percepatan pencapaian SDG’s Desa antara lain, nomor 1 “desa tanpa kemiskinan”, nomor 2 “desa tanpa kelaparan”, nomor 8 “pertumbuhan ekonomi desa merata”, nomor 12 “konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan”, nomor 17 “kemitraan untuk pembangunan desa”, dan nomor 18 “kelembagaan desa yang dinamis.

Sebelumnya PT Astra menegaskan selama 61 tahun berdiri, PT Astra International Tbk bercita-cita untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Komitmen ini senantiasa diwujudkan dalam bentuk program tanggung jawab sosial (CSR) yang proaktif, terstruktur, dan berkesinambungan. Program CSR Astra menekankan pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan.

Hari ini, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk pengentasan kemiskinan melalui percepatan pembangunan desa, Astra mencanangkan program Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera.

Program ini fokus pada peningkatan ekonomi berbasis masyarakat dengan mengoptimalkan potensi lokal yang dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa pengembangan melalui Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan) sesuai daerahnya masing-masing.

Hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI Boediarso Teguh Widodo, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa PDTT RI Taufik Madjid, perwakilan pemerintah kawasan terdepan, terluar dan tertinggal (3T), perwakilan pesantren, penerima & finalis apresiasi Semangat Astra Penghargaan Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) serta eksekutif Grup Astra.

Dalam krisisnya Dirjen Boediarso menyatakan bahwa program ini hanya dapat dicapai dengan sinergi dari berbagai pemangku kepentingan.

“Seluruh pihak harus masuk, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat desa itu sendiri. Semoga angka desa tertinggal / sangat tertinggal dapat berkurang secara signifikan,”ujar Boediarso saat itu.

Dirjen Taufik mengapresiasi hal yang dilakukan oleh Astra.

“Astra telah membantu pekerjaan kementerian kami. Program harapannya ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mengurangi angka pengangguran,”tambah Taufik.

Astra bersama anak perusahaan dan yayasannya akan mengembangkan 300 Kampung Berseri Astra menuju Desa Sejahtera yang terkenal di 100 kabupaten se-Indonesia.

Mitra desa binaan Astra ini mencakup 76 Desa di daerah 3T (Kabupaten Mahakam Ulu, Morotai, Biak Numfor, Maluku Tenggara Barat, Rote Ndao, dan Buru), 49 Desa di wilayah pesantren, 16 Desa di wilayah pemenang Penghargaan Satu Indonesia, dan 159 Desa di wilayah operasional Grup Astra dan Yayasan.

Dalam jangka panjang, ketika desa-desa yang sudah dibina dalam pilar kewirausahaan ini dapat menunjukkan prestasi terbaiknya, maka desa ini akan mengambil juga program pendidikan, lingkungan dan kesehatan dalam skema Kampung Berseri Astra untuk mewujudkan masyarakat desa yang bersih, sehat, cerdas dan produktif.***

  • Bagikan