Ini Beberapa Fungsi Tuas Pada Mobil Matic

  • Bagikan
Foto : Daihatsu

Sahabat-otomtotif.com – Seperti halnya pada mobil transmisi manual. Mobil matic juga dilengkapi dengan tuas. Tuas mobil matic sendiri punya ciri khas berupa kehadiran kombinasi huruf dan angka P-R-N-D-2-L.

Tuas pada mobil matic rupanya punya fungsi yang berbeda dibanding mobil manual. Hal itu tentu bikin pemilik mobil matic awam agak sedikit kebingungan.

Dalam website resmi Daihatsu dijelaskan apa saja fungsi tuas pada sebuah mobil matic. Penjelasan tersebut bisa Sahabat simak sebagai berikut ini!

Membantu Mobil Matic Saat Hendak Parkir
Fungsi pertama dari tuas mobil matic adalah membantu proses parkir pada mobil matic itu sendiri. Fungsi ini didapat saat tuas mobil diposisikan di huruf P. Pada tuas mobil matic, P sendiri berarti “Parking”.

Saat tuas diposisikan ke huruf P, mobil matic bisa diposisikan secara ideal. Jika hendak parkir dalam posisi mundur, Sahabat bisa mengkombinasikan huruf P-nya dengan huruf R (“Reverse”).

Kalau mobil matic harus parkir secara paralel, Sahabat bisa menekan tombol Shift Lock yang ada pada tuas. Tombol tersebut bisa membuat mobil matic terparkir dengan baik, terutama saat hendak parkir paralel. Sayangnya, hanya ada beberapa jenis mobil matic saja yang tuas mobilnya dilengkapi tombol Shift Lock.

Membantu Pengemudi Mengemudikan Mobil Matic dengan Kecepatan Terbaik
Fungsi selanjutnya adalah membantu pengendara dalam mengemudikan mobil matic dengan kecepatan terbaik. Hal itu tak lepas dari adanya huruf D (“Drive”) yang ada pada tuas matic. Fungsi ini sangat membantu pengemudi saat berkendara di jalanan ibukota.

Huruf D sendiri sebetulnya tak hanya membantu mobil dalam kecepatan terbaik. Tetapi, juga membantu mobil matic dalam melakukan over drive. Terutama, saat mobil matic hendak menyalip mobil lain di depan. Namun, fungsi tersebut hanya bisa dipakai saat mobil matic dikendarai di jalan tol.

Membuat Mobil Matic Bisa Melaju di Tanjakan dengan Stabil
Selain membantu berkendara di jalan raya dan tol, tuas mobil matic juga bisa membantu mobil melaju di tanjakan. Hal itu bisa dilakukan bila tuas diposisikan di angka ‘2’.

Saat tuas berada di angka tersebut, mobil matic bisa melaju di tanjakan dengan kecepatan stabil. Tak hanya itu, tuas mobil di dalam posisi angka 2 juga bikin mobil matic irit bahan bakar. Terutama, saat mobil melaju di tanjakan.

Membantu Mobil Matic Melaju di Turunan
Tak hanya di tanjakan, tuas mobil matic pun juga membantu melewati turunan. Hal itu terjadi bila tuas diposisikan ke huruf L (“Low”). Saat tuas di posisi tersebut, mobil matic bisa melaju mulus di turunan dengan kecepatan rendah dan aman. Huruf L pada tuas mobil matic sendiri membantu mobil matic melakukan transmisi rendah saat mobil melaju di turunan.

Membantu Mobil Matic Berhenti dengan Baik
Tuas mobil matic rupanya tak hanya membantu mobil saat melaju atau parkir. Tetapi, juga saat mobil harus berhenti atau mengerem. Hal itu terjadi saat tuas diposisikan di huruf N (“Netral”).

Huruf N pada tuas membantu mobil matic berada di posisi netral saat mobil hendak berhenti. Terutama, jika mobil harus berhenti semetara. Semisal saat mobil terjebak macet atau saat lampu merah.

Itulah sejumlah fungsi tuas pada mobil matic. Semoga bisa membantu Sahabat yang belum tahu apa saja fungsi dari tuas mobil matic. (*skt)

  • Bagikan