Ini Lho Beberapa Kerusakan Umum Pada Mobil yang Lazim Terjadi

  • Bagikan
Foto : Daihatsu

Sahabat-otomotif.com – Mobil tak lepas dari masalah kerusakan. Entah itu kerusakan pada bagian interior, eksterior, maupun mesin. Hal itu tentu bikin pemilik mobil pusing dan kerepotan.

Ada sejumlah kerusakan umum yang lazim terjadi pada mobil. Berikut beberapa kerusakan umum yang terjadi pada mobil seperti dilansir di situr resmi Daihatsu:

Mesin Mobil Mengalami Kesulitan Saat Dinyalakan
Kerusakan umum pertama yang lazim terjadi adalah pada mesin mobil. Terutama, saat mesinnya mengalami kesulitan untuk dinyalakan. Kerusakan umum ini lazimnya terjadi saat mesin dalam keadaan mati. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan itu terjadi. Salah satunya adalah arus listrik aki yang berkurang atau bahkan habis.

Mesin Mobil Seolah-Olah Tak Memiliki Tenaga
Kerusakan lainnya yang lazim dialami pada mesin mobil adalah daya mesinnya yang seolah tidak bertenaga. Hal ini bisa dirasakan saat Sahabat tengah mengemudikan mobilnya.

Salah satu penyebab kerusakan ini adalah adanya kerusakan pada salah satu komponen mobil. Untuk menyelesaikan kerusakan ini, Sahabat mesti melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap mobil Sahabat.

Dengan melakukan hal itu, Sahabat pun bakal tahu apa komponen mobil yang tengah mengalami kerusakan. Barulah setelahnya lakukan perbaikan terhadap komponen mobil tersebut.

AC Mobil Kurang Dingin
Idealnya, AC mobil akan terasa dingin saat mobil melaju semakin jauh. Namun, ada kalanya AC terasa kurang dingin, meski mobil telah melaju sejauh mungkin.

Hal itu rupanya adalah salah satu kerusakan umum yang lazim terjadi pada mobil. Kerusakan ini lazim terjadi akibat sejumlah hal. Mulai dari freon AC yang mulai habis, matinya motor extra fan, hingga kotornya filter kabin. Untuk mengatasi masalah ini, Sahabat bisa membersihkan filter kabin yang kotor, memperbaiki motor extra fan, atau mengisi ulang freon AC-nya.

Lampu Indikator Terlalu Sering Menyala
Salah satu fitur pencahayaan pada mobil adalah lampu indikator. Lampu ini fungsinya adalah sebagai penunjuk jalan, terutama di jalanan yang agak gelap.

Idealnya, lampu indikator akan mati bila pengemudi sudah tidak menggunakannya lagi. Namun, kadang kala lampu tersebut akan mengalami kerusakan.

Salah satu bentuk kerusakannya adalah terlalu seringnya lampu indikator menyala. Atau, kedap-kedip saat lampu sedang dinyalakan.

Penyebab utama kerusakan ini adalah tidak cocoknya oli yang Sahabat pakai dengan mobil Sahabat. Sebagai solusi, gantilah oli mobil lama Sahabat dengan oli baru yang barangkali sesuai. Jika Sahabat ragu, cobalah bertanya kepada pihak bengkel untuk tahu oli mana yang sekiranya cocok.

Mesin Mobil Sering Mati Mendadak
Selain sulit dinyalakan dan terkesan tidak bertenaga, masih ada satu kerusakan umum lainnya yang lazim mengenai mesin mobil. Kerusakan tersebut adalah seringnya mesin mobil mati mendadak.

Kerusakan ini lazim terjadi saat mobil tengah dikendarai. Setelah mesin mobil mendadak, mobil biasanya akan sulit dinyalakan lagi. Seperti pada kasus mesin mobil tak bertenaga, jenis kerusakan satu ini juga lazim terjadi karena adanya komponen mesin yang rusak.

Suara Mesin Terdengar Seperti Mendesis
Kerusakan umum terakhir yang lazim terjadi adalah terjadinya suara mendesis pada mesin. Kerusakan ini lazim terjadi saat mobil hendak melintasi jalanan menanjak, atau saat hendak menambah kecepatan mobil.

Salah satu penyebab utama kerusakan ini adalah penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan mobil. Solusi utama kerusakan ini adalah tentu saja mengganti bahan bakar mobilnya dengan bahan bakar yang sesuai.

Itulah beberapa kerusakan umum pada mobil yang lazim terjadi. Dari sejumlah kerusakan tersebut, manakah yang pernah Sahabat alami? (*/skt)

  • Bagikan