Ini Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com — Hallo para sahabat otomotif, memiliki cat mobil dengan kualitas bagus warna mengilap dan bodi yang tidak cacat adalah hal yang selalu dibanggakan bagi pemilik mobil. Nah, bagi para Sahabat yang sedang mencari rekomendasi merk cat mobil yang awet dan bagus, bisa sekali nih menyimak penjelasan berikut tips memilih cat mobil berkualitas yang dipaparkan Nisa Maulan Shofa seperti dilansir dari daihatsu.co.id. Selain menjadi tahu merk cat mobil apa saja yang bisa Sahabat lirik, Sahabat juga bakal tahu macam warna dasar cat mobil hingga jenis bahan cat mobil sebagai pengetahuan baru.

Yuk, langsung simak saja!

1. Rust Oleum Auto Body Paint

Rekomendasi merk cat mobil pertama yang membuat bodi mobil terlihat berkelas adalah Rust Oleum Auto Body Paint. Cat mobil yang dikeluarkan oleh pabrik bernama sama ini diklaim sebagai cat mobil terbaik karena memiliki warna yang sangat solid dan terlihat mengilap. 

Selain itu, cat mobil Rust Oleum juga sangat mudah digunakan lantaran memiliki kelebihan daya rekatnya yang sangat kuat saat diaplikasikan pada permukaan mobil. Daya keringnya tidak memakan waktu lama, yaitu hanya 30 menit saja!

Cat mobil Rust Oleum ini dijual bebas di pasaran dengan bentuk kemasan berukuran 388g/L. Variasi warna yang bisa Sahabat pilih ada banyak loh, mulai dari light gray, performance red, jet black, gold metallic, royal blue, antique white, dan masih banyak pilihan warna lainnya. Harga per kemasannya juga terbilang sangat terjangkau yakni sekitar Rp291.500—Rp310.000. 

2. Cat Mobil Top Color

Jenis merk cat mobil ini merupakan produksi dari Danapaint yang sudah sangat populer. Cat merk ini dikenal mampu memberikan warna yang cukup menarik serta melindungi permukaan mobil dari segala hal yang membuatnya cepat rusak. Secara keseluruhan, cat mobil Top Color memiliki kualitas, daya tutup, hingga tekstur terbaik sehingga mudah diaplikasikan. 

Top Color, selain digunakan untuk cat mobil, juga bisa digunakan untuk alas kayu, besi, kendaraan, hingga bangunan. Wah, lebih hemat, kan?

Ada banyak varian warna yang bisa Sahabat pilih dari rekomendasi merk cat mobil ini, di antaranya indigo blue, laser red, dakar yellow, dan warna lainnya yang tak kalah menarik. Harga cat mobil Top Color relatif terjangkau, yaitu hanya berkisar antara Rp62.000—Rp120.000 saja.

3. Nippon Paint Nippe 2000

Cat mobil produksi Nippon Paint yang satu ini merupakan cat lacquer auto refinish yang berbasis nitroselulosa sehingga memiliki banyak kelebihan, seperti mudah kering, memiliki daya kilap yang tinggi, pilihan warna yang banyak, dan daya tahan yang lama.

Khusus untuk cat mobil ini dilengkapi dengan teknologi pelapis yang bisa melindungi sekaligus membuat permukaan mobil semakin mengilap. Selain banyak varian warna, juga banyak sekali varian ukuran mulai dari 200 ml hingga 1 liter. Harga cat mobil Nippe 2000 cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp30.000—Rp90.000. 

4. Cat Mobil Danagloss

Danapaint kembali hadir dengan cat Danagloss-nya. Merk cat mobil ini merupakan cat jenis duco yang memiliki kualitas tinggi serta bisa digunakan untuk keperluan lain. 

Danagloss sering menjadi pilihan utama bagi industri mebel duco dan otomotif sehingga memang pantas dimasukkan dalam daftar rekomendasi merk mobil, terlebih untuk pengecatan body repair, karoseri truk atau bus, alat berat, hingga mesin industri.

Cat mobil Danagloss memiliki beberapa keunggulan, di antaranya kekentalan cat yang tinggi dan pas serta cat yang tahan lama. Harga untuk cat mobil ini berkisar antara Rp30.000—Rp164.000. 

5. Cat Mobil SEIV

Jika Sahabat ingin mencari cat mobil yang awet, bagus, dan anti karat, pilihan terbaik masih jatuh pada cat mobil merk SEIV. Rekomendasi merk cat mobil ini terkenal sebagai cat anti bocor karena memiliki bahan dasar berupa bituminous yang khas dengan ketahanannya terhadap karat, daya lekat yang tinggi, mudah kering, serta tahan terhadap panas hingga 120 derajat celcius. 

SEIV fleksibel digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti mobil, motor, mesin, atap, beton, hingga baja. Warna yang dihasilkan pun sangat bervariasi dan mampu melindungi permukaan mobil dari bahaya yang mudah merusaknya. Harga untuk cat mobil ini antara Rp37.000 hingga Rp88.000. 

6. Rubber paint X6

Produk dari Rust Oleum satu ini merupakan cat yang tidak hanya melapisi permukaan, tetapi juga membuat permukaan menjadi indah lantaran warnanya yang bervariasi. Tidak hanya untuk mobil, cat ini juga bisa digunakan untuk meja hingga lemari.

Ada banyak varian warna mulai dari pristine white, black matte, silver, blue, green, dan masih banyak lainnya. Harganya terjangkau mulai dari Rp39.000—Rp78.000 dan Sahabat bisa mendapatkan cat dalam kemasan berukuran 400 ml loh.

7. Cat Kansai Kardiac

Rekomendasi merk cat mobil selanjutnya adalah Kansai Kardiac. Cat mobil produksi Kansai ini memang didesain sebagai cat pelapis dengan warna hitam pekat.

Kardiac merupakan cat mobil yang tersedia dalam ukuran 1 liter. Meski terbatas pada warna yang tersedia, tetapi untuk kualitas tidak bisa diragukan lagi. Tak heran jika harganya juga lumayan mahal berkisar antara Rp115.000—Rp150.000.

8. Dupli-Color Perfect Match

Tuntutan untuk berkendara di berbagai medan tentu saja tidak bisa dihindari dan hal tersebut bisa merusak permukaan mobil sehingga cat lebih mudah pudar hingga mengelupas.

Akan tetapi, Sahabat tidak perlu khawatir karena Sahabat bisa memilih untuk menggunakan Dupli-Color Perfect Match yang diklaim bisa melindungi bodi mobil dengan kualitas cat terbaiknya. Terlebih, merk cat ini mudah sekali loh untuk diaplikasikan dan gampang dilepas jika memang ingin mengganti dengan warna lain.

Harganya memang tergolong mahal, yaitu sekitar Rp250.000—Rp330.000. Namun, harga tentu saja akan sebanding dengan kualitas dong karena merk cat ini dilengkapi dengan coating tambahan sehingga penampilan permukaan lebih maksimal bagusnya.

9. Penta Super Gloss

Seperti halnya Nippon Paint Nippe 2000, Penta Super Gloss juga memiliki bahan dasar berupa resin nitroselulosa dan alkid. Bahan dasar ini memberikan kualitas terbaik sehingga bisa tahan lama dan pengeringan yang cepat.

Penta Super Gloss ini memang rekomendasi merk cat mobil yang tidak boleh dilewatkan karena memiliki pigmen metalik sehingga warna yang nantinya melekat di bodi mobil sangat menarik dan indah. Daya lekatnya juga sangat bagus sehingga tidak akan larut jika terkena bensin, minyak tanah, hingga cuaca ekstrem.

Dengan kualitas sebagus itu, Penta Super Gloss tergolong sangat murah di pasaran. Sahabat bisa membelinya dengan harga sekitar Rp40.000 hingga Rp80.000 saja loh.

10. Nebula

Jika memang mobil Sahabat tergolong mobil keluaran lama dan ingin mengubahkan untuk menjadi tampilan lebih fresh, melapisi bodi mobil dengan cat Nebula tentu menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan.

Variasi warna dari Nebula banyak dan finishing-nya sangat tajam dan mengilap. Pengeringannya juga cepat. Sahabat bisa mendapatkan merk cat ini dengan harga mulai dari Rp205.000 hingga Rp510.000.

11. Goldschmied

Rekomendasi merk cat mobil terakhir adalah Goldschmied yang bisa Sahabat dapatkan dalam ukuran 1 liter. Pilihan warnanya begitu beragam, mulai dari putih, merah, hitam, dan warna lainnya dengan kualitas terbaik. Harganya berkisar Rp220.000—Rp350.000 saja.

Merk cat ini terkenal dengan keunggulannya loh, Sahabat. Hal ini dikarenakan hasil akhirnya yang memberikan efek mengilap tidak main-main, daya keringnya yang cepat, bahkan tahan terhadap goresan sehingga bodi mobil tetap terlihat cantik.

Memilih cat mobil tentu saja tidak bisa sembarangan dong. Sahabat harus tahu warna dan dasar cat mobil tuh apa saja, sih, sebenarnya? Dengan mengetahui hal ini, Sahabat akan lebih mantap untuk memilih cat yang sesuai dengan keinginan dan kondisi mobil.

Tone Warna Dasar Cat Mobil

Secara umum, terdapat 4 tone warna dasar cat mobil, yaitu metalik, glossy, doff, dan matte. Sahabat bisa memilihnya dengan mempertimbangkan hasil finishing yang memang diinginkan.

Jika Sahabat ingin hasil akhir bodi mobil dengan warna yang memberikan efek kinclong, warna metalik tentu menjadi pilihan utama. Akan tetapi, jika Sahabat efek lebih maskulin dengan hasil akhir hidrofobik, warna doff atau matte harus Sahabat pertimbangkan.

Bahan Dasar Cat Mobil

Sahabat sudah mengetahui sedikit mengenai bahan dasar cat mobil di daftar rekomendasi merk cat mobil di atas. Namun, itu tentu saja belum semuanya dan Sahabat harus mengetahui lebih banyak supaya lebih paham mengenai kualitas cat mobil yang baik sehingga hasil akhir sesuai dengan ekspektasi.

Seperti yang kita tahu, cat mobil tentu saja terdiri dari cairan-cairan kimia yang saling menyatu. Terdapat 4 bahan dasar cat mobil, yaitu resin, aditif, pigmen, dan thinner. Resin, bahan kimia tak berwarna, menjadi bahan utama dalam pembuatan cat.

Ketika ingin cat meningkatkan jumlah cat, tetapi kualitas tidak berubah, zat aditif inilah yang menentukannya. Zat ini bahkan takarannya menjadi yang dirahasiakan untuk tiap pabrik cat sebagai hal yang bisa diunggulkan oleh mereka.

Dua bahan lain, yaitu pigmen dan thinner menjadi penentu mengenai warna dan kekentalan cat yang dihasilkan. Keempat bahan ini kemudian akan bekerja sama dan menghasilkan cat mobil dengan kualitas yang bagus dan awet. ***

  • Bagikan