Ini Tips Merawat Antena Mobil Agar Awet

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com — Ketika Anda memiliki sebuah kendaraan, pastinya seluruh komponen yang ada pada kendaraan termasuk antena radio mobil juga harus dirawat dengan baik. Radio mobil tersebut harus dirawat dengan baik agar dapat berfungsi secara maksimal. Berikut cara merawat antena radio mobil yang dikutip dari suzuki.co.id

Keringkan Seluruh Bagian Mobil Setelah Dicuci

Cara pertama merawat antena adalah ketika Anda selesai mencuci mobil, jangan lupa untuk mengeringkan seluruh komponen-komponennya, termasuk juga antenanya. Apalagi, jika antena Anda merupakan jenis antena besi, jangan sampai masih terdapat sisa sabun di bagian lipatannya.

Hal tersebut harus benar-benar Anda cek kebersihannya agar sisa sabun yang menempel tidak mengakibatkan antena berkarat. Jika antena berkarat, maka akan berakibat sulit dinaik turunkan.

Selain itu, sabun yang masih tersisa pada bagian antena dan kemudian mengendap akan menyebabkan antena Anda macet. Berbeda lagi jika antena Anda jenisnya Fixed Antenna. Antena yang satu ini tidak akan macet maupun berkarat, namun lebih dari itu.

Fixed Antenna terbuat dari material karet, sehingga ketika ada sabun yang masih menempel dapat mengakibatkan keretakan atau getas. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

Pastikan Antena Tidak Tertekuk

Ketika Anda hendak memasang penutup mobil, misal penutup mobil baru saja mengalami kerusakan lalu Anda akan menggantinya dengan yang baru, maka saat akan memasangnya harus berhati-hati. Jangan sampai antena mobil Anda tertekuk.

Jika sampai tertekuk, antena Anda bisa bengkok atau lebih parahnya lagi, bisa sampai patah. Oleh karena itu, ketika Anda hendak memasang penutup mobil, pastikan antena tidak tertekuk.

Berhati-hatilah Saat Memanjangkan dan Memendekkan Antena

Seperti yang telah diuraikan diatas, antena memiliki berbagai macam jenis dan bentuk. Ada yang bisa di panjang pendekkan secara otomatis dan manual, ada juga yang ukurannya tetap, tidak bisa dipanjang pendekkan.

Ketika Anda memiliki antena yang bisa dipanjang pendek kan, harus berhati-hati. Jangan sampai ketika Anda terlalu memanjangkannya malah akan membuat antena tersangkut ketika mobil tengah berjalan.

Lumasi Antena Menggunakan Minyak

Jika Anda memiliki antena yang letaknya di atap mobil, cara perawatannya juga cukup mudah. Lumasilah as antenanya menggunakan minyak yang biasa digunakan untuk mesin jahit secara rutin, misalnya satu sampai dua bulan sekali. Jika tidak punya, Anda bisa menggantinya dengan oli mesin yang masih baru.

Pelumasan seperti ini harus Anda lakukan agar ketika dipanjang pendekkan lebih mudah. Jika Anda tidak rutin melumasinya maka antena bisa saja macet, apalagi jika jarang digunakan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, lumasi antena Anda secara rutin agar dapat berfungsi secara maksimal.

Antena mobil memang merupakan komponen kecil yang sering diabaikan perawatannya. Namun, komponen kecil yang satu ini memiliki fungsi yang penting. Jika antena rusak, maka radio juga tidak dapat berfungsi. Padahal, radiolah yang bisa menjadi hiburan saat Anda mengemudi sendirian. ***

  • Bagikan