Jangan Asal Kebut, Ini Batas Ideal Kecepatan Mobil di Musim Hujan

  • Bagikan

Sahabat-otomtoif.com – Cuaca yang terbilang ekstrem memang sedang melanda Indonesia, sehingga mengharuskan para pengendara mobil untuk ekstra hati-hati. Ketika dalam kondisi hujan, maka potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas sangatlah tinggi. Jarak pandang yang minim menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan saat berkendara.

Kecepatan mobil yang berlebihan juga bisa membuat kecelakaan sulit dihindarkan. Kontak ban akan hilang dengan kondisi jalan atau aspal yang licin, apalagi dengan gaya manuver yang terlalu kasar. Ban yang sudah botak atau tidak layak pakai juga bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan.

Untuk menghindari kecelakaan saat posisi hujan, maka Anda harus berkendara dengan hati-hati dan kurangilah kecepatan saat mengendarai mobil. Dengan mengurangi kecepatan dalam berkendara, maka mobil akan lebih mudah untuk dikontrol.

Apabila kondisi alam saat berkendara sedang hujan, maka Anda jangan mengendarai mobil dengan kecepatan melebihi 40 km per jam dan Anda bisa mengendarai mobil dengan kecepatan 10 km per jam. Jika berkendara di jalan tol, maka kecepatan yang bisa dipakai yaitu mencapai 60 sampai 100 km per jam. Pastikan Anda mengendarai mobil dengan menyesuaikan kondisi lalu lintas.

Dilansir dari website Wuling, Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk menghindari kecelakaan.

1. Cek Lampu Mobil
Bagi Anda yang memiliki mobil dan ingin menggunakan mobil dalam kondisi hujan, selain memperhatikan batas kecepatan mobil, Anda juga harus mengecek kondisi lampu mobil. Dengan kondisi lampu yang bagus, maka jarak pandang pengendara saat hujan akan jelas. Meskipun siang hari, pastikan Anda selalu menyalakan lampu mobil.

2. Cek Tekanan Udara Ban
Anda harus selalu mengecek secara rutin kondisi ban mobil, pastikan tekanan udara ban stabil dan memadai. Jangan menggunakan mobil yang memiliki kondisi ban sudah tipis. Jangan juga membiarkan ban mobil Anda kempes, karena mobil akan sangat berisiko saat dipaksakan dalam kondisi hujan.

3. Cek Komponen Mobil
Pastikan Anda selalu mengecek berbagai komponen mobil sebelum menggunakan mobil dalam kondisi hujan. Komponen yang perlu diperhatikan seperti kopling, gas, pedal rem dan kemudi. Pada saat musim hujan, Anda harus memberikan perawatan yang ekstra untuk semua komponen mobil.

4. Kurangi Kecepatan Mobil
Ketika kondisi jalan di guyur hujan, maka permukaan jalan akan menjadi licin. Untuk tetap aman berkendara saat hujan, pastikan Anda mengemudi dengan kecepatan yang rendah dan mengemudi dengan pelan akan membuat alur ban bersentuhan langsung dengan aspal, sehingga daya cengkram ban menjadi lebih bagus.

5. Jaga Jarak Aman
Berkendara dengan bijak juga sangatlah penting untuk dilakukan dan salah satunya adalah dengan menjaga jarak aman dengan mobil lain. Pada kondisi jalan yang basah, maka pengereman mobil memiliki jarak yang lebih jauh dibandingkan pada posisi jalanan yang kering.(skt)

  • Bagikan