Kenali Oli Mobil Shell yang Bikin Mesin Moncer dan Aman

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Oli mobil Shell yang beredar di pasaran banyak variannya. Teknologinya pun berbeda dengan keunggulan masing-masing.

Jadi jangan asal beli! Kenali dulu satu per satu sebelum memilihnya untuk mobil kesayangan Anda.

Shell merupakan perusahaan minyak dan gas yang sudah terkenal di dunia. Bukan cuma untuk pasar di Amerika dan Eropa, namun Shell juga berbisnis di kawasan Asia termasuk juga di Indonesia. Sudah cukup lama pula Shell bergabung di industri bahan bakar minyak dan pelumas untuk kebutuhan kendaraan bermotor dalam negeri.

Saat ini Shell di Indonesia dikenal dengan berbagai produk unggulannya, seperti bahan bakar minyak baik gasoline dan juga diesel, serta pelumas mesin bensin dan juga mesin diesel.

Dari sejumlah produk pelumas mesin yang dimiliki Shell, yang cukup terkenal karena digunakan oleh banyak kendaraan bermesin bensin di Indonesia adalah Shell Helix. Oli mobil Shell Helix pun terdiri atas beberapa macam jenis, semuanya tentu dibedakan atas spesifikasi SAE dan teknologi yang terkandung dalam pelumas tersebut.

Satu dari beberapa teknologi unggulan yang terdapat disetiap oli mobil Shell adalah teknologi PurePlus. Ini merupakan teknologi yang digunakan pada oli mobil Shell saat proses pembuatan oli tersebut untuk mengubah gas alam dari dalam minyak mentah menjadi minyak dasar yang jernih dan tanpa adanya kotoran sebagai bahan baku utama pelumas.

Dengan teknologi ini membuat oli mobil Shell bisa memproteksi komponen bagian dalam mesin sehingga mengurangi gesekan dan korosi akibat sisa pembakaran. Kondisi yang demikian tentu akan menghasilkan mesin yang tetap terjaga performanya, usia pakai mesin menjadi lebih lama, serta bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Dikutif dari Cintamobil.com berikut tipe oli mobil Shell Helix di Indonesia.

1. Shell Helix Ultra 0W-20

Ini merupakan tipe premium oli Shell mobil bensin yang berjenis full sintetis. Dengan SAE 0W-20 dan menggunakan teknologi PurePlus, oli ini dirancang untuk memberikan perlindungan sempurna bagi mesin kendaraan modern berperforma tinggi. Sehingga mobil-mobil premium cocok menggunakan oli Shell Helix ini.

2. Shell Helix Ultra 5W-40

Masih dari “keluarga” Shell Helix Ultra, untuk oli Shell ini menggunakan SAE 5W-40. Namun teknologi yang digunakannya hampir serupa dengan Shell Helix Ultra 0W-20. Yaitu antara lain terdapat PurePlus Technology dan juga Active Cleansing. Kedua teknologi ini mampu membersihkan ruang mesin dari kerak sisa hasil pembakaran yang kurang sempurna sekaligus melindungi mesin dari gesekan dan korosif.

3. Shell Helix HX8 5W-30

HX8 juga menjadi oli Shell mobil bensin yang berjenis full sintesis. Tipe Shell oli mobil ini menggunakan SAE 5W-30 yang juga masih cocok untuk mobil dengan teknologi mesin modern. Beberapa kelebihan dari oli Shell jenis Helix HX8 adalah kemampuannya menjaga suhu mesin agar tidak terjadi overheat walau mobil dipakai terus menerus atau sering terjebak dalam kemacetan.

4. Shell Helix HX7 Plus 5W-40

Oli Shell untuk mobil modern berikutnya yang masih berjenis full sintesis adalah Helix HX7 Plus. Pelumas ini menggunakan teknologi Flexi Molecule yang bisa melindungi mesin untuk dapat beradaptasi dengan berbagai jenis kondisi berkendara. Molekul aktif ini juga bisa menghindari gejala mesin knocking serta cocok digunakan untuk mesin mobil berteknologi turbo.

5. Harga oil shell Helix HX7 10W-40

Ini merupakan oli Shell lainnya yang masih dari tipe Helix HX7. Namun bedanya SAE pada pelumas ini berspesifikasi 10W-40 sehingga juga cocok digunakan oleh kendaraan yang usianya sudah lebih dari 5 tahun. Teknologi Active Cleansing yang terdapat di pelumas ini sanggup membersihkan kerak mesin akibat sisa proses pembakaran.

6. Harga oil Shell Helix HX6 10W-40

Dengan kekentalan 10W-40, oli Shell Helix jenis ini menggunakan teknologi Active Cleansing. Tujuannya untuk membersihkan ruang mesin sampai pada sela-sela yang tidak terjangkau sehingga mesin terasa seperti baru. Dan teknologi ini juga sekaligus bisa melindungi dinding bagian mesin agar selalu bersih serta terhindar dari gesekan sata komponen mesin bekerja.

Shell Helix dengan kemasan botol warna kuning

Untuk tipe oli Shell ini sering direkomendasikan sebagai oli Shell untuk mobil tua. Karena dengan kekentalan 15W-40, oli ini masih tetap memiliki kandungan teknologi Active Cleansing untuk bisa membersihkan ruang mesin lebih sempurna serta mencegah terjadinya korosi.

8. Shell Helix HX3 20W-50

Satu lagi pilihan oli Shell untuk mobil tua yakni Helix HX3. Oli mobil Shell ini memiliki tingkat kekentalan ganda yang bisa memberikan perlindungan mesin-mesin yang sudah cukup berusia lanjut. Pelumas ini juga cocok sebagai Shell oli mobil diesel.

9. Harga oil Shell Helix Eco 0W-20

Untuk tipe oli mobil Shell Helix yang satu ini diformulasikan khusus untuk kendaraan berjenis Low Cost Green Car (LCGC). Shell telah merancang pelumas yang tepat untuk menunjang kinerja mesin mobil LCGC yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Selain itu pelumas ini juga sudah berjenis full sintetis.

10. Harga oil Shell Helix Eco 5W-30

Masih sama-sama oli mobil Shell Helix untuk kendaraan LCGC, namun bedanya tipe ini berjenis semi sintetis dengan kekentalan 5W-30. Namun teknologi yang digunakan masih serupa dengan oli Shell Helix untuk mobil LCGC lainnya yang memiliki kandungan full sintetis.

Itu tadi setidaknya 10 jenis oli mobil Shell yang masih beredar di pasaran. Kualitas dari setiap pelumas buatan Shell memang cukup baik dalam menjaga performa mesin kendaraan, sehingga tak heran harga oli Shell mobil terkadang cukup tinggi dibanding oli merk lain yang punya spesifikasi SAE serupa. (*)

  • Bagikan