Keuntungan Mengendarai Motor Trail di Jalan Raya

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com -Motor trail memang dikenal untuk berkendara offroad atau di luar jalan mulus. Namun, saat ini beberapa orang tampak juga mengendarai motor jenis ini di jalan raya.

Menariknya, ternyata ada berbagai keuntungan yang bisa dirasakan apabila Anda mengendarai motor trail di jalan raya dengan catatan tetap wajib mematuhi peraturan lalu lintas dan mengedepankan keselamatan bersama. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan motor trail di jalan raya. Simak juga informasi mengenai keamanan atau aturan untuk penggunaan motor trail di jalan raya:

1. Kapasitas Mesin yang Besar

Motor trail memiliki kapasitas mesin yang lebih besar jika dibandingkan dengan kendaraan roda dua biasa. Tarikannya lebih besar, jadi Anda tidak perlu memutar gas terlalu dalam untuk mengaspal di jalan raya. Keuntungan ini juga menjadikan motor trail lebih enak dikendarai untuk perjalanan yang agak jauh. Terutama saat Anda berada di jalan sepi dan mengendarai motor trail bisa membuat merasa lebih aman karena gampang dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Keuntungan ini tentu tidak bisa dirasakan pada siang hari atau saat jalanan padat. Pastinya Anda tidak mau menjadi penyebab kecelakaan hanya karena ingin memacu adrenalin dengan kebut-kebutan.

2. Bisa Salip Kiri Kanan

Body dari motor trail ramping, bahkan jika dibandingkan dengan motor lainnya, apalagi matic. Anda bisa leluasa bermanuver di jalan raya, melewati ruang-ruang kecil antarkendaraan. Salah satu motor trail yang memiliki body ramping adalah Kawasaki KLX.

Untuk merasakan keuntungan ini, tidak hanya body ramping yang menjadi faktor utama, melainkan juga kemampuan berkendara Anda. Apabila Anda tidak luwes dalam mengendalikan motor trail, keinginan menyalip kendaraan lain bisa jadi malapetaka. Anda mungkin bisa melakukan hal ini saat berada dalam perjalanan antarkota. Di mana Anda tidak ada pilihan lain selain bermanuver dan bergerak cepat. Tentu Anda bisa melakukan hal ini di jalan raya kota, tetapi tidak disarankan demi keselamatan bersama.

3. Bisa Digunakan di Jalan Rusak

Rasanya ini adalah keuntungan utama saat Anda menggunakan motor trail di jalan raya. Pada area-area tertentu, jalanan rusak tidak bisa dihindari. Apabila Anda memakai motor biasa atau mobil, mungkin bisa lebih membahayakan karena kendaraan biasa tidak memiliki ketahanan seperti motor trail. Motor atau mobil biasa mungkin akan rusak kalau digunakan di jalanan rusak, apalagi untuk waktu yang lama.

Apabila Anda dalam perjalanan antarkota, Anda mungkin akan menemukan banyak jalanan rusak. Motor trail yang memang dirancang untuk medan jalan yang menantang tidak akan mengalami kerusakan jika sekadar berhadapan dengan jalan rusak. Oleh karenanya, menggunakan motor trail bisa jadi pilihan aman.

4. Ampuh Menerobos Banjir

Bicara soal terabas, memang motor trail jagonya. Di saat banjir, menerabas genangan lebih mudah saat mengendarai motor trail. Jika menggunakan motor atau mobil umumnya, yang cenderung pendek, malah akan membuat kendaraan mogok akibat terendam air.

Posisi mesin dan komponen penting seperti knalpot pada motor trail lebih tinggi, sehingga tidak mudah terendam air. Tips untuk menjaga agar motor trail aman digunakan saat banjir adalah dengan membungkus CDI atau ECU.

Bungkus bagian ini dengan plastik yang rapat agar tidak kemasukan atau terciprat air sehingga mesin akan tetap menyala walaupun motor dibawa menerabas banjir. Selain itu, komponen seperti ban dengan model tahu atau kotak-kotak menjadi pendukung motor trail aman digunakan di semua situasi. T Tentunya ini berbeda dengan ban motor biasa yang berisiko untuk digunakan di jalanan basah.(jpnn)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *