Legenda Russ Collins, Gabungkan 3 Mesin Honda untuk Drag Race

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Hari ini, penggemar balap drag nitro di Amerika Serikat (AS) mengagumi sepeda motor standar profesional peraih catatan 7 detik. Saat itu 1973 meraih kecepatan maksimum 190 mph (305,7 km/h) dalam lintasan seperempat mil (402 meter). Masih dalam perdebatan bagaimana mesin standar itu dipadukan jadi kencang. Namun karena basisnya motor standar, termasuk yang paling aman dikendarai untuk ukuran balap drag (tarikan).

Tahun 1973 sejarah dibukukan oleh mesin itu yakni berasal dari 3 mesin honda CB yang digabung dalam satu rangka modifikasi. Dihubungkan dengan 3 rantai penghubung mesin, dan satu rantai penggerak roda. Pembalapnya yang memecahkan rekor kelas balap tersebut Russ Collins.

Dia lahir di tahun 1939 di New Jersey (AS), dari kecil sudah tertarik dengan mekanisme pada mesin. Russ terkenal dengan kemampuannya menggabungkan beberapa mesin menjadi satu.

Mulai dari mesin CB750 yang dibuat jadi 3 baris. bahkan ada sampai yang 5 baris. Pada tahun 1960-1970 dunia modifikasi mesin tidak semudah saat ini. Karena dulu keterbatasan spare part dan alat. Makanya, caranya menggabugkan mesin sampai sinkron membuatnya menjadi pelopor dan dianggap legenda.

Motornya yang memecahkan rekor, dibangun pada tahun 1971, dengan nama “The Assassin” (Sang Pembunuh). Motor itu memiliki berat hanya 360 pon (163,2 kg) dan didukung oleh mesin empat silinder Honda 4 silinder. Jadi jika berderet 3 silinder berarti ada 12 silinder. The Assassin milik Collins membuat rekor drag-race di seluruh negeri berkat inovasi berlimpah di The Assassin. Satu silinder diberikan mulut pengatur bensin 2 buah. Jadi ada 24 mulut pegatur bensin alias throttle body.

Itu adalah sepeda Jepang pertama yang menggunakan bahan bakar alkohol dan nitromethane. Pada tahun 1973, untuk mengalahkan The Assassin, pembalap lain terpaksa menggunakan mesin ganda Nortons, Triumphs dan Harley-Davidsons.

Walau masih bisa kalah di beberapa seri balapan, mesin yang menakutkan ini menjadi sepeda motor 7 detik pertama dalam balap drag dan sepeda Top Fuel pertama dengan mesin Jepang.

Pada tahun 1976 motor itu hancur dalam kecelakaan yang menghebohkan di Akron, Ohio, AS. Collins hampir terbunuh, kecelakaan itu menempatkannya di rumah sakit selama beberapa minggu dan mengurungnya di kursi roda selama beberapa minggu lagi.

Namun dia tidak kapok, masih banyak lagi racikan motornya. Dan prestasinya lebih banyak diapresiasi karena meracik motor aneh namun terbukti ampuh. Collins diakui atas prestasinya pada tahun 1999 ketika ia dilantik ke dalam Hall of Fame Sepeda Motor American Heritage Foundation. Collins meninggal pada tahun 2014 pada usia 74 tahun. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *