Minyak Kayu Putih sebagai Oktan Booster dan Pendingin Internal

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Salah satu cara untuk menaikkan oktan bensin dan mendinginkan internal mesin adalah dengan menambahkan aditif minyak atsiri. Pasalnya, banyak produk oktan booster berbahan dasar minyak atsiri.

Referensinya, bahan bakar minyak alias bensin di balap Formula 1 adalah produk yang dijejali aditif nitrogen. Formula 1 bensinnya memiliki kadar nitrogen yang sangat tinggi.

Drag Race di Amerika menggunakan BBM Nitrometh sehingga bisa 0-300 km/jam dalam waktu 5 detik. Film fast furius pakai Tabung Nitrous Oxyde System untuk bisa kencang. Semua menggunakan nitrogen untuk membantu pembakaran.

Pertanyaannya, teman-teman yang ngerti kimia. Kira-kira minyak atsiri apa yang menghasilkan kandungan nitrogen lebih banyak? sejauh ini minyak serai yang paling terjangkau. Tapi mungkin minyak kayu putih yang paling banyak zat nitrogennya.

Admin telah mencoba secara pribadi, teteskan minyak kayu putih ke tangki bensin. Alasannya karena dia salah satu minyak atsiri. Tujuannya untuk meningkatkan oktan, terutama ingin meningkatkan motor octane number (MON) bukan research octane number (RON). Biasanya terasa jika MON tinggi, terasa sangat redam pada mesin jika digeber di atas 7.000 rpm.

Ada yang dikejar juga, efek Nitrogenation alias bikin efek kayak NOS yakni mendinginkan dan memadatkan udara dari pengaruh nitrogen.

Hasilnya? gak hanya nitrogenation tapi benar bisa oxigenation seperti yang diisukan. Alias adanya minyak atsiri bisa membuat bensin menyergap oksigen. dampaknya deselarasi dan engine brake semakin berkurang. Karena BBM kaya oksigen, jadi walaupun katub gas alias Throttle ditutup tetap terjadi pembakaran. Oksigen terperangkap di BBM itu sendiri dan tetap sempurna untuk dibakar.

Kemudian nitrogenation bikin rpm tinggi meraung merdu. Artinya semakin mencegah knocking. Inilah fungsi oktan booster yang lebih bisa mendongkrak nilai Motor Oktan Number (MON).

Ada analisis deduktif begini, saat gas speed rendah efek penyergapan oksigen berlangsung optimal. Sehingga membantu pembakaran di rpm rendah. Padahal biasanya kondisi itu sedang kompresi dinamis rendah, bensin susah homogen dengab oksigen, mengakibatkan pembakaran gak sempurna.

DIY Minyak Atsiri Kayu Putih Sebagai Pendingin Internal Mesin Bonus Oktan Naik – YouTube

Baru saat rpm tinggi, gas speed mungkin ada “sesuatu faktor” atau faktor x yang menguatkan atau mendominasikan kerja nitrogenation. Jadi nitrogen ini dalam gas speed tinggi mendinginkan ruang bakar dan udara, dan dia sendiri menyatu dengan nitrogen dari udara bebas sehingga memberikan efek oktan tinggi sehingga pembakaran jadi bagus. Mungkin ahli kimia bisa menjelaskannya lebih detail.

Jika analisis itu benar. Maka, ternyata alam memberikan solusi yang bagus untuk mesin bakar buatan manusia. Intinya di rpm rendah efisien terbakar, rpm tinggi juga efisien terbakar.

Namun berita ini bukan untuk diterapkan secara massal. Hanya khusus bagi mereka yang suka bereksperimen dan menanggung sendiri resikonya. Namun untuk motor bebek harian admin menggunakan minyak kayu putih Cap Lang. Kadarnya 1 liter bensin versus 1 tetes minyak kayu putih. Wajib diterapkan pada bensin premium atau pertalite saja.

Pasalnya, jika diterapkan ke pertamax yang notabene sudah tinggi oktannya, malah susah pembakaran dan motor jadi loyo. Pasti karena nilai oktan terlalu tinggi sehingga tidak cocok bagi kompresi motor harian.

Pada penerapannya jika diaplikasikan pada bensin premium, kawin dengan mesin berkompresi 10,8:1 maka tarikan rpm rendah sangat responsif, di rpm tinggi juga bertenaga. Ada nilai plusnya, yakni indikator suhu panas tidak pernah mencapai batas kritis, bahkan cenderung lebih dingin dari umumnya. Sudah beberapa tahun yang lalu ini diterapkan dan banyak tanggapan positif dari forum otomotif di sosial media. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan