Pentingnya Edukasi Safety Riding Sejak Dini

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Hampir semua kalangan masyarakat menggunakan sarana kendaraan roda dua untuk berpergian kemanapun baik sebagai pengendara ataupun sebagai penumpang. Edukasi keselamatan berlalu lintas juga wajib dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat, salah satunya anak di bawah umur seperti Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Siswa-Siswi Sekolah Dasar (SD).

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, “Pendidikan sejak dini kepada anak di bawah umur merupakan hal yang perlu dilakukan agar anak-anak sudah mendapatkan ilmu dan pemahaman melalui metode bermain dan belajar mengenai keselamatan berkendara sejak mereka kecil.”

“DAM melalui tim Instruktur Safety Riding DAM juga secara rutin memberikan Pelatihan Safety Riding untuk anak di bawah umur,” tambah Ludhy.

Untuk menumbuhkan kesadaran mengenai keselamatan berkendara sejak dini, materi yang diberikan juga beragam diantaranya pentingnya menggunakan helm & jaket saat berkendara, cara dibonceng yang benar ketika menggunakan sepeda motor bersama orang tua, cara menyebrang di jalan raya, cara menggunakan sepeda yang aman, hingga memberikan edukasi kepada orang tuanya mengenai keselamatan berkendara.

Selain kesadaran mengenai keselamatan berkendara, anak-anak juga diberikan pengetahuan mengenai ilmu dasar rambu-rambu lalu lintas mulai dari warna, bentuk gambar, dan arti dari masing-masing rambu lalu lintas tersebut. “Hal tersebut dilakukan dengan menggunakan metode bermain sambil belajar kepada anak-anak, dengan demikian anak-anak akan lebih mengerti dan bersenang-senang bersama para instruktur yang mengajar,” ujar Ludhy.

Materi mengenai #Cari_Aman juga diberikan kepada anak-anak agar mereka mengetahui bahwa dengan #Cari_Aman mereka akan terlihat lebih keren, merasa nyaman dan aman ketika dibonceng oleh orang tua saat berpergian.

“Pendidikan sejak dini kepada anak-anak dibawah umur merupakan kunci utama terciptanya zero accident kelak di Indonesia, pendidikan mengenai keselamatan akan tertanam di dalam diri anak-anak dengan harapan akan di aplikasikan dikehidupan mereka kelak ketika mereka dewasa dan tetap #Cari_Aman kemanapun ketika berkendara,” tutup Ludhy. (***)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *