Perbedaan Ban Motor Tubeless dan Tubetype

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com — Mungkin untuk kalian pengendara motor masih ada yang belum paham tentang ban tubeless dan ban tubetype (ban biasa). IRC melalui kanal Instagram @irctire kembali membagikan informasi tentang perbedaan ban tubeless dan juga ban tubetype.

Kedua tipe ban ini masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan.

Ban tubeless ini dalam dinding ban akan timbul tulisan tubeless. Material ban tubeless pada bagian dalamnya akan dilapisi oleh inner liner yang berfungsi sebagai penganti ban dalam sehingga akan lebih praktis.

Namun, dari segi bentuk, ban tubeless lebih bulat dibandingan ban tubetype. Ban ini lebih nyaman dipakai untuk menikung maupun dalam kondisi hujan. Ban tubeless sendiri lebih tebal dan lebih kuat dari ban biasa, lebih kokoh untuk berbagai kondisi jalan.

Selain itu ban tubeless bisa bertahan lebih lama dan lebih tahan akan kebocoran, dikarenakan ban tubeless bagian dalamnya dilapisi komponen fluid sealant sehingga tekanan udara tidak langsung drop apabila terkena tusukan benda tajam.

Melihat berbagai keunggulan ini, ban tubeless memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan ban tubetype.

Sementara ban tubetype juga mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya bentuk ban yang condong persegi membuat keseimbangan lebih baik. Selain itu, ban tubetype mempunyai performa meredam gataran yang cukup baik dan lebih tahan panas.

Dari segi harga, ban tubetype harganya relatif murah dan ketika mengalami kebocoran lebih mudah untuk diperbaiki hampir disemua bagian ban.

Perbedaan kedua jenis ban ini bisa dijadikan pertimbangan bagi pengendara motor ketika akan membeli ban yang sesuai kendaraan dan kebutuhan di jalan.

Terus ikuti Instagram @irctire untuk mengetahui informasi-informasti terbaru seputar ban motor ya!

 

  • Bagikan