Perjuangan Pembalap Astra Honda di Seri Perdana ATC 2021

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Gelaran Asia Talent Cup (ATC) 2021 seri perdana di Losail International Circuit, Qatar pada 27-28 Maret 2021 dilakoni pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) dengan penuh tantangan. Fadillah Arbi Aditama, Herlian Dandi, dan Azryan Dheyo telah memberikan perjuangan maksimalnya di seri ini. Sementara Herjun Atna Firdaus belum turun dari tim dokter dari MotoGP untuk turun di putaran ini karena masih dalam pemulihan pasca operasi tulang pangkal jari kelingking di tangan kanannya.

Pada balapan pertama yang digelar Sabtu (27/3), Fadillah Arbi Aditama yang konsisten berada di peringkat tiga besar sejak sesi latihan bebas hingga kualifikasi, harus menerima hasil yang kurang memuaskan ketika mengalami sisi rendah di lap tiga tikungan ke 10 dan tidak bisa melanjutkan balapan . Herlian Dandi yang memulai jalannya balapan dari peringkat 15, berhasil menyelesaikan di peringkat 12 dan dapat mengkoleksi 4 poin. Sementara Azryan Dheyo yang memulai balapan dari posisi start 19, finis di peringkat 17.

Pada balapan kedua, yang berlangsung di hari Minggu (28/3) persaingan dari pebalap-pebalap muda Asia semakin sengit. Arbi yang kembali mengisi posisi start ketiga, langsung memacu Honda NSF250R begitu lampu mulai menyala. Di awal jalan balapan, Arbi sempat bersaing untuk menempati tiga besar dengan pebalap Jepang, namun memasuki kedua dirinya harus terdesak mundur hingga posisi ke enam. Petaka muncul ketika pemuda asal Purworejo memasuki putaran keempat, Arbi crash di tikungan ke 16 karena mengalami sisi rendah dan tidak bisa melanjutkan jalannya balapan.

“Sayang sekali, balapan 2 ini saya kembali gagal menyelesailan balapan dengan baik. Saya kehilangan kontrol di tikungan terakhir dan menghentikan balapan lebih cepat. Pelajaran yang sangat berati buat saya, dari kegagalan menyelesaikan dalam 2 balapan pembuka ATC ini. Saya akan berusaha mencari pria yang lebih baik di putaran berikutnya, ”ujar Arbi.

Perjuangan lain pun ditunjukkan oleh Herlian Dandi dan Azryan Dheyo. Sesaat setelah lampu dimulainya menyala, Dandi langsung mencoba merangsak ke posisi 10 besar. Lap demi lap dilalui, dirinya pun terus memperbaiki catatan waktu, sehingga balapan di peringkat 11. Sementara di balapan kedua kali ini berhasil menyelesaikan balapan di peringkat ke-16, lebih baik dari urutan finish saat balapan pertama.

“Saya masih belum menemukan penampilan terbaik pada race 2 ini. Namun secara bertahap saya merasa lebih baik dari balapan pertama kemarin. Posisi 11 tentu bukan hasil terbaik yang saya harapkan di awal balap. Tapi akan jadi modal belajar saya untuk bisa lebih baik lagi di putaran berikutnya. Mohon doa dan dukungannya, ”ujar Dandi.

Deputy General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan hasil balap pada putaran pertama ini tak mematahkan semangat para pebalap binaan untuk memberikan performa yang lebih baik di putaran berikutnya. AHM selalu mendukung perjuangan mereka untuk mencetak prestasi sebagai kebanggaan bangsa.

“Hasil balap kali ini akan menjadi bahan evaluasi serta motivasi bagi pebalap muda binaan saat turun di putaran kedua, minggu depan. Dengan semangat satu hati, kami berharap dukungan masyarakat yang mengalir untuk memberikan energi positif bagi pebalap dalam meraih prestasi, ”ujar Andy.

Putaran kedua ATC musim 2021 ini akan kembali digelar di Losail International Circuit, Qatar dan menyelenggarakan dua balapan pada 3-4 April 2021. Peluang pebalap muda binaan AHM masih terbuka dalam meraih prestasi di putaran-putaran ATC berikutnya. ***

  • Bagikan