Salah Parkir Bisa Sebabkan Jamur Mobil?

  • Bagikan
Ilustrasi, Foto : Auto2000

Sahabat-otomotif.com – Jamur mobil ternyata bukan cuma bisa muncul di bagian kaca saja. Sebab bagian permukaan body pun ternyata juga perlu diwaspadai, sebab jamur juga bisa muncul di situ.

Mirip di bagian kaca, jamur di permukaan body juga cukup mengganggu. Dalam hal ini tentu yang paling terganggu adalah bagian tampilan eksterior mobil yang jadi kusam.

Jadi jika mobil Anda sudah dicuci bersih namun body-nya tetap tak berkilau ungkin saja itu dampak dari adanya jamur. Jika sudah parah, jamur tersebut dapat dilihat dengan munculnya bercak-bercak putih pada permukaan eksterior.

Sudah tak perlu dipertanyakan lagi apakah jamur benar bisa muncul di body atau tidak. Jadi yang perlu diketahui adalah bagaimana menghindarinya.

Lantas apa sebenarnya yang menyebabkan jamur mobil muncul pada bagian permukaan body? Ada beberapa penyebabnya, rata-rata memang seperti penyebab timbulnya jamur pada kaca seperti dilansir di situs Auto2000.

1. Hujan dan panas

Mobil yang terguyur air hujan dan setelah reda dibiarkan mengering karena terik panas matahari bisa menyebabkan jamur pada mobil. Mungkin jika baru terjadi beberapa kali belum menimbulkan jamur, namun jika terus-terusan berulang maka bukan tak mungkin jamur bisa muncul di body.

Terlebih air hujan juga mengandung asam yang memiliki dampak buruk pada mobil, maka dari itu sehabis hujan-hujanan sebaiknya segera bilas dan parkir di tempat yang teduh.

2. Pengeringan tidak sempurna

Penyebab jamur di body juga bisa terjadi akibat pencucian mobil. Sebab jika saat proses pengeringan setelah bilas tidak sempurna maka sisa air yang tertinggal bisa memicu timbulnya jamur.

Oleh sebab itu lakukan pengeringan permukaan body menggunakan lap yang punya daya serap tinggi. Pastikan tidak ada sudut dan celah yang kelupaan dilap sampai kering.

3. Salah parkir

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa permukaan body yang basah sebaiknya tidak langsung terkena terik panas sinar matahari. Untuk itu jangan salah pilih lokasi parkir.

Tentu parkir di tempat yang panas tanpa atap bisa memicu jamur mobil di permukaan body jika mobil masih basah. Maka dari itu hindari lokasi parkir yang panas jika mobil sehabis diguyur hujan atau dicuci.

Itulah sejumlah info mengenai jamur mobil yang ternyata bukan cuma bisa timbul di bagian kaca tapi juga di permukaan body. (*/skt)

  • Bagikan