Simak 5 Cara Menghindari Tabrakan Beruntun

  • Bagikan
Foto : Auto2000

Sahabat-otomotif.com – Tabrakan beruntun kerap terjadi di jalanan yang padat kendaraan. Untuk menghindari kejadian yang sangat tidak menyenangkan ini tentu ada caranya yang bisa Anda lakukan. Sebenarnya caranya cukup mudah, konsentrasi dan mematuhi aturan lalulintas menjadi utamanya.

Berikut sejumlah cara dan tips yang bisa Anda lakukan demi menghindari tabrakan beruntun, seperti dilansir situs Auto2000.co.id.

1. Jaga jarak
Menjaga jarak dengan kendaraan di depan merupakan hal penting. Untuk mudahnya, AutoFamily bisa memberi jarak tiga mobil dengan kendaraan di depan. Namun seiring meningkatnya kecepatan maka jaraknya harus semakin jauh.

Dengan menjaga jarak maka akan tersedia ‘ruang’ untuk menghindari jika terjadi hal atau manuver mendadak. Namun akan percuma jika sudah jaga jarak aman tapi pengemudi tak fokus atau konsentrasi.

2. Hindari bahu jalan
Beberapa kecelakaan beruntun yang terjadi di dalam tol tak sedikit disebabkan oleh penggunaan bahu jalan yang salah. Misal AutoFamily nekat melintasi bahu jalan untuk mendahului dan ada kendaraan lain yang berhenti maka tabrakan beruntun bisa sulit untuk terelakkan.
Maka ingat selalu akan fungsi bahu jalan di tol, gunakan hanya untuk keadaan darurat. Terlebih saat Anda tengah jalan beriringan, hindari bahu jalan.

3. Konsentrasi
Mengantuk, hilang fokus dan tidak konsentrasi merupakan cikal bakal malapetaka bagi pengemudi yang memaksa untuk terus berada di balik setir. Jika merasakan tiga kondisi tersebut sebaiknya segera istirahat dan tunda perjalanan Anda.

Bukan cuma kecelakaan beruntun, tiga kondisi di atas bisa jadi sangat berbahaya jika dialami pengemudi. Maka pastikan diri Anda selalu fokus dan konsentrasi selama mengemudi.

4. Rawat penunjang keselamatan
Wiper, kampas rem dan lampu-lampu wajib hukumnya selalu berada dalam kondisi terbaiknya saat menggunakan mobil. Sebab jika da satu saja yang rusak maka tabrakan beruntun bisa terjadi.
Kampas rem yang tipis contohnya, jika ada kendaraan yang berhenti mendadak maka Anda sulit mendapat jarak pengereman yang aman jika kampas rem sudah tipis. Tabrakan beruntun sulit dihindari jika kondisinya demikian.

5. Tingkatkan kewaspadaan
Mengemudi adalah sebuah full time job. Selain konsentrasi, Anda juga perlu selalu waspada terhadap kondisi di luar mobil. Sebaiknya Anda perlu mengetahui gerak-gerik dan manuver yang akan dilakukan mobil di depan atau samping.

Dengan selalu waspada maka Anda bisa cepat mengambil keputusan dan tindakan untuk menghindari sejumlah manuver dadakan dari kendaraan di depan. Selain itu patuhilah selalu peraturan lalulintas.

Itulah sejumlah cara untuk menghindari diri Anda dari kejadian kecelakaan beruntun. Selain hal di atas, yang perlu dan penting untuk dilakukan adalah selalu menjaga kondisi mobil.(*/skt)

  • Bagikan