Tambah Kabel Grounding, Motor Tua Gampang Menyala

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Motor tua tidak bisa dipungkiri butuh perawatan ekstra. Salah satunya perkabelan yang kadang korosi atau berkarat. Dampaknya daya hantar listrik bisa sangat rendah dan mempengaruhi performa mesin dan fitur kelistrikan lainnya.

Salah satu dampak yang paling menjengkelkan adalah susah dinyalakan. Benar, susah menyala pada motor tua adalah perkabelan. Terutama bagian kabel grounding listrik atau bahasa lainnya kabel massa.

Pada motor, rata-rata kabel grounding terhubung dari kabel bodi yang kemudian dibaut ke bagian kalter (crank case) mesin. Bagian ini di motor berumur berarti sudah jutaan kali kecipratan air, debu, dan tanah. Jadi selalin karat juga mengalami kotor.

Ingat, fungsi massa atau ground adalah membuat feed back atau aksi reaksi antara muatan positif setrum dengan muatan negatif. Sehingga terjadilah sebuah titik api kelistrikan di busi. Pada kenyataannya ground yang baik juga membuat klakson lebih melengking dan cahaya lampu lebih terang. Mengapa? Karena di listrik ada muatan liar, dan kemudian muatan itu dibuang ke massa atau ground sehingga tidak mengganggu sistem kelistrikan dan arus semakin lancar.

Telah dibuktikan oleh admin bahwa dengan mempercabangkan ground, bisa juga memperbaiki grounding itu sendiri. Caranya dengan membuat sendiri atau beli. Jika buat sendiri belilah kabel aki di bengkel lengkap dengan soketnya. Lalu rangkai sendiri. Bautkan kabel yang sudah dirangkai, bersamaan dengan kabel ground bawaan motor. Lalu bautkan ujung satunya pada titik baut terdekat baik rangka maupun kalter mesin.

Jika beli biasanya dapat banyak kabel disertai pivot atau hub untukĀ  membaut banyak kabel. Rangkailah ujung lainnya dengan membautnya pada banyak titik.

Hasilnya, walaupun aki sudah soak, saat kick starter motor tua gampang menyala dan klakson lebih nyaring. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan