Tanda Busi pada Mobil Bermasalah

  • Bagikan

Sahabat-otomotif.com – Busi merupakan sebuah komponen terpenting dalam sistem pengapian mobil. Fungsi busi mobil pada umumnya supaya mobil bisa menyala. Komponen yang satu ini termasuk vital karena kalau sampai bermasalah maka mobil tidak akan bisa dinyalakan. Oleh karena itu, busi perlu dirawat secara rutin supaya tidak muncul permasalahan pada mobil dan mobil dapat selalu menyala normal saat dibutuhkan.

Busi pada mobil memiliki fungsi utama untuk membakar campuran bensin dan udara yang dikompres melalui gerakan piston. Tanpa adanya busi tidak akan pernah ada pembakaran di dalam ruang mesin dan komponen yang terkait sistem gerak tidak akan melakukan fungsi yang sesuai dengan tugasnya. Karena alasan inilah busi adalah salah satu komponen vital pada mobil.

Selain yang sudah disebutkan diatas, busi juga memiliki fungsi untuk menarik energi panas yang tidak diinginkan dari dalam ruang pembakaran lalu mengirimnya ke sistem pendingin pada mobil.

Supaya Anda tidak terjebak dalam situasi yang tidak nyaman, ada baiknya Anda memperhatikan tanda tanda busi mobil mulai bermasalah.

Saat Mobil Idle
Putaran mesin terasa tidak seperti biasa dan kurang halus.
Terasa getaran yang tidak biasa di dalam kabin.
Gas terasa lebih berat dari biasa.

Saat Mobil Jalan
Akselerasi mobil agak terhambat
Mobil terasa tersendat dan kadang terasa lonjakan mesin
Konsumsi bahan bakar akan lebih boros dari biasanya
Insulator berubah warna kuning kecoklatan atau hijau basah
Terdapat lapisan kuning pada busi

Saat Mobil Mati
Terjadi perubahan warna pada busi
Kecoklatan pertanda busi sudah aus
Kuning atau kemerahan pertanda adanya pemanasan mobil yang berlebihan
Gelap pertanda pembakaran mesin tidak sempurna

(skt)

  • Bagikan