Tips Kapasitor sebagai Volt Stabilizer Aki Motor, Karburator – Injeksi

  • Bagikan

Sahabat-Otomotif.Com – Sering bermasalah dengan tunggangan motornya? Tentu yang paling sering, salah satunya adalah aki. Sudah jadi rahasia umum, jika user beli produk di pasaran tidak seawet bawan motor.

Kadang jeda 6 bulan saja sudah soak kembali. Ditambah kabel body motor user sudah ada yang bocor listrik akibat telah berumur.

Ternyata user bisa mengupayakan solusi murah yang tidak rumit untuk permasalahan itu. Yakni dengan pasang kapasitor atau elco. Produk lebih dikenal sebagai volt stabilizer (karen ada rangkaian kapasitor bervariasi dirakit jadi satu).

Caranya penerapan akan menentukan harga. Pertama, membuat Sendiri. Jika membuat sendiri user bisa beli kapasitor atau elco dengan spesifikasi tertentu. Diantaranya kapasitansi 10.000 uF (micro farad) dan voltase 50 volt. Di pasaran elco ini dijual dengan harga Rp 15 ribu.

Jadi jika dirangkai seri 3 buah akan menghasilkan 30.000 uF dengan harga Rp  45 ribu. Cara merangkainya cukup mudah, tinggal mainkan kreatifitas. Yaitu kutub (+) elco disambung ke kutub (+) aki. Begitu juga kutub (-) elco disambung ke kutub (-) aki.

Mainkan kreatifitas cara menyambungnya. Kutub (+) dan (-) elco biasanya dibedakan dengan penanda. Ada striping hitam yang menandakan itu (-) dan logam kutub (-) punya guratan kasar. Sementara logam kutub (+) mulus dan tidak punya striping.

Kemudian cara merangkai kabelnya bisa sistem klem, lilit, atau yang disempurnakan dengan solder timah. Biasanya dijual di toko elektro klem cincin yang bisa dibaut pada aki.

Cara kedua, dengan membeli Volt Stabilizer. Biasanya volt stabilizer itu rangkaian dari elco kecil-kecil berbeda kapasitansi yang dirangkai jadi kapasitansi besar. Di pasaran dijual cukup terjangkau dengan harga Rp 60-80 ribu. Tinggal pasang baut pada kutub (+) dan (-) aki, ada petunjuk di kemasan. Ini lebih praktis daripada buat sendiri.

Hasilnya? Aki soak biasanya membuat speedo digital kedip-kedip, sein nyala cepat tapi redup, klakson tidak keras dan bunyi aneh. Namun setelah pasang kapasitor semua bisa normal kembali. Hanya saja tetap tidak bisa starter elektrik, tidak cukup banyak listrik yang disimpan. Memang kapasitor bersifat menyimpan listrik sementara saja.

Untuk aki baru atau sehat yang dipasangi ini biasanya tidak terasa ada pengaruh. Tapi sebenarnya bisa mengawetkan pemakaian alias bikin panjang umur aki. Baik tipe karburator atau injeksi bisa pasang ini.

Tapi telaah dulu, biasanya motor injeksi sudah punya kapasitor bank, itu sama saja fungsinya. Jika sudah ada bawan pabrik mending tak usah pasang.

Ini satu sudut pandang pengetahuan saja. Banyak manfaat kapasitor yang lain. Kabarnya bisa bantu beban listrik karena tambahan asesoris. Misalnya klakson keong, strobo, lampu led tambahan, lampu tembak, dan lainnya. (yy/dari berbagai sumber)

  • Bagikan