Tips Menghindari Kerusakan Body Mobil

  • Bagikan

Sahabat-otomtotif.com – Kerusakan body mobil adalah hal yang sangat dihindari oleh pemilik kendaraan. Hal ini dikarenakan perawatannya pasti memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, tips menghindari kerusakan body mobil selalu diincar karena lebih baik mencegah dibanding mengobati, bukan?

Terutama di musim hujan, merawat mobil memang harus lebih intens dilakukan dibanding saat musim lainnya. Hal ini dikarenakan air hujan mengandung banyak kotoran dan debu yang bisa merusak body mobil jika tidak lekas dibersihkan.

Nah, apa saja sih kerusakan yang bisa kita hindari dan bagaimana cara menghindarinya? Penjelasan berikut bisa Sahabat jadikan referensi loh untuk perawatan sendiri terhadap mobil kesayangan.

1. Rajin Mencuci Mobil
Terutama saat musim hujan, Sahabat harus rajin nih mencuci mobil di rumah. Ketika kebetulan berkendara lalu turun hujan, jangan biarkan mobil dalam waktu lama tidak dicuci setelah terkena air hujan.

Kandungan air hujan tentu saja tidak sebersih air pada umumnya karena mengandung debu dan kotoran yang terbawa selama jatuh dari awan ke bawah. Jadi, ketika air hujan mengenai kendaraan, body mobil lama-kelamaan bisa mengalami kerusakan.

Karat dan jamur bisa timbul jika Sahabat malas mencuci mobil usai kehujanan loh. Air hujan bisa membekas jika tidak langsung dibersihkan. Jadi, merawat mobil saat musim hujan memang membutuhkan tenaga ekstra ya, Sahabat.

2. Berhati-Hati dalam Berkendara
Tips menghindari kerusakan body mobil lainnya adalah dengan berhati-hati dalam berkendara. Hal ini dikarenakan jika kita ceroboh dalam mengemudi, bisa-bisa kita menabrak banyak hal sehingga body mobil akan mengalami gores hingga penyok yang biaya perbaikannya akan begitu mahal.

Dengan berhati-hati selama berkendara juga, kita otomatis bisa menghindari bahaya bagi diri sendiri maupun orang lain loh. Jadi, safety riding memang sangat dibutuhkan demi menjaga banyak hal.

3. Memilih Cat yang Berkualitas
Loh, apa hubungannya nih menghindari kerusakan body mobil dengan memilih cat? Begini, ketika kita memilih cat dengan kualitas tidak baik, bahkan cenderung abal-abal, keutuhan body mobil tidak bisa bertahan lama. Cat gampang mengelupas bahkan hanya karena terkena sinar matahari.

Nah, memiliki cat berkualitas tentu saja menjadi tips menghindari kerusakan body mobil selanjutnya karena bisa menjaga umur penampilan body mobil lebih panjang.

4. Menggunakan Sparepart yang Asli
Memilih sparepart body mobil harus yang asli ya, Sahabat. Sebab, jika tidak, sama halnya seperti memilih cat berkualitas rendah: mudah rusak! Terlebih, saat ini sudah banyak ditemukan sparepart tidak asli yang dijual dipasaran.

Dengan menggunakan sparepart body mobil yang asli, Sahabat juga bisa meminimalisir pengecekan rutin loh. Sebab, ketahanannya kan pasti berbeda, lebih awet tahan lama!

5. Menyemprotkan Silicon Spray
Seperti halnya rajin mencuci mobil usai terkena air hujan, menyemprot silicon spray juga sangat penting. Kali ini tidak sepenuhnya berada di body mobil sih, Sahabat, melainkan di bagian karet yang ada di kaca mobil. Namun, tetap saja bukan jika bagian tersebut rusak, kondisi mobil terlihat tidak cantik?

Nah, saat musim hujan, otomatis mobil akan berada di dua kondisi yang tak terhindari: kehujanan lalu terkena sinar matahari saat hujan reda. Jika hal ini terjadi terus-menerus, karet pada kaca mobil akan tak lentur bahkan cenderung mengeras loh, Sahabat.

Hal tersebutlah yang membuat kita harus menyemprotkan silicon spray supaya karet pada kaca mobil tetap terjaga kelenturan dan ketahanannya.(*/skt)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *